UNTUK INDONESIA
Ditukar Mkhitaryan, Kluivert Ingin Segera ke Arsenal
Arsenal ingin menukar gelandang Henrikh Mkhitaryan dengan striker AS Roma Justin Kluivert. Sebuah simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan.
Arsenal ingin menukar gelandang Henrikh Mkhitaryan dengan striker AS Roma Justin Kluivert. Sebuah simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan kedua klub. (Foto: wstale.com)

Jakarta - Pertukaran pemain yang saling menguntungkan. Sebuah simbiosis mutualisme saat Arsenal ingin menukar gelandang Henrikh Mkhitaryan dengan striker AS Roma Justin Kluivert. Sang pemain pun antusias dengan rencana itu karena dirinya tertarik bergabung dengan Arsenal. 

Pertukaran tersebut berpeluang diwujudkan karena kedua tim saling membutuhkan. Roma merasa puas dengan kinerja Mkhitaryan yang dipinjam selama satu musim dari Arsenal. 

Meski sempat beberapa kali mengalami cedera, namun gelandang Armenia ini mampu menunjukkan performa mengesankan sehingga pelatih Paulo Fonseca ingin mempermanenkannya. 

Inggris selalu menarik bagi saya. Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea atau Manchester United merupakan klub-klub besar

Hanya rencana itu terkendala dengan harga 18 juta poundsterling yang dipatok Arsenal. Namun klub London Utara itu memberi opsi lain. Menurut Corriere dello Sport, Arsenal tertarik menukar Mkhitaryan dengan Kluivert. 

Manajer Arsenal Mikel Arteta tertarik mendatangkan anak dari salah satu striker terbaik Belanda, Patrick Kluivert ini. Dirinya bakal menggantikan Pierre-Emerick Aubameyang yang bakal dilego The Gunners. Apalagi usia Kluivert masih muda, 21. Dia disebut-sebut striker potensial dan bakal bersinar di tahun-tahun mendatang. 

Pertukaran tersebut juga memberi keuntungan bagi Arsenal karena tak perlu lagi mengeluarkan dana untuk gaji Mkhitaryan yang termasuk tinggi. Eks pemain Manchester United ini menerima gaji 200 ribu poundsterling atau Rp 3,5 miliar setiap pekan. Dengan demikian, Arsenal bisa menghemat 9,36 juta poundsterling atau Rp 168 miliar untuk gaji pemain sampai kontraknya selesai pada 2021.

Mkhitaryan sendiri tak keberatan gajinya mengalami pemangkasan di Roma. Pasalnya, dia sudah merasa nyaman dan menjadi pilar kekuatan Giallorossi

Henrikh MkhitaryanGelandang Henrikh Mkhitaryan (kanan) ingin bertahan di AS Roma dan menolak kembali ke Arsenal. Dirinya akan ditukar dengan striker Roma Justin Kluivert. (Foto: goal.com)

Hanya, Arsenal tetap harus menggelontorkan dana sebesar 13 juta poundsterling atau Rp 233 miliar untuk mendapatkan Kluivert. Harga yang murah karena mereka berpeluang menggaet striker bermasa depan bagus yang mengawali karier di Ajax Amsterdam ini. 

Kluivert Targetkan Bermain di Liga Inggris

Kluivert sendiri mengaku antusias bisa bergabung dengan Arsenal. Dirinya memang sudah menargetkan bermain di Liga Premier Inggris saat memutuskan meninggalkan Ajax untuk bergabung dengan Roma. Menurut striker yang baru 2 kali memperkuat timnas senior ini bermain di Italia menjadi batu loncatan karier dia. 

"Inggris selalu menarik bagi saya. Arsenal, Tottenham Hotspur, Chelsea atau Manchester United merupakan klub-klub besar. Saya senang pernah bertemu Man United beberapa tahun silam," ujar Kluivert seperti dikutip Football London

Baca juga: 

AS Roma Ingin Perpanjang Peminjaman Mkhitaryan

Aubameyang Sebaiknya Tinggalkan Arsenal

Kluivert berambisi meraih sukses melebihi sang ayah yang pernah menjadi pilar lini depan Ajax dan Barcelona. Dia pun tak segan memakai nama keluarga 'Kluivert' di jersey yang dikenakannya. Berbeda dengan Jordi Cruyff, anak legenda Belanda, Johan Cruyff, yang enggan memakai nama belakang karena tak ingin berada dalam bayang-bayang sang ayah. 

"Menjadi anaknya membuat Anda menjadi perhatian dan kemudian menaruh harapan besar. Saya merasakan tekanan itu. Tetapi saya tidak terbebani. Saya justru ingin menjadikan nama Kluivert lebih besar lagi," kata Kluivert kepada The Guardian

"Satu-satunya yang membuat saya terbebani dan merasa gugup dengan nama itu saat saya mengambil tes surat izin mengemudi. Saya merasa nervous dan sampai harus dua kali mengikuti tes. Ini tak pernah terjadi di sepak bola," ucap dia. 

Ya, pertukaran tersebut sepertinya saling menguntungkan bagi kedua klub. Sebuah simbiosis mutualisme karena Roma sangat menginginkan Mkhitaryan. Bahkan klub ibu kota Italia ini tak keberatan melepas Kluivert. []

Berita terkait
AS Roma Ingin Perpanjang Peminjaman Mkhitaryan
AS Roma belum berniat memberikan kontrak permanen kepada Henrikh Mkhitaryan (tengah) yang belum menunjukkan performa maksimal musim ini.
AS Roma Menyerah, Cari Pengganti Smalling
AS Roma akhirnya menyerah dan gagal mendapatkan bek Manchester United Chris Smalling. Harga tinggi membuat Roma mencari pengganti Smalling.
Soal Aubameyang, Arsenal Beri Deadline ke Barca
Arsenal memberi deadline kepada Barcelona bila ingin membeli striker Pierrer-Emerick-Aubameyang. Pemain itu menjadi incaran banyak klub.
0
Ditukar Mkhitaryan, Kluivert Ingin Segera ke Arsenal
Arsenal ingin menukar gelandang Henrikh Mkhitaryan dengan striker AS Roma Justin Kluivert. Sebuah simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan.