UNTUK INDONESIA
Diterjang Longsor, Jalur Kelok 44 Agam Ditutup
Jalur Kelok 44 di Kabupaten Agam terpaksa ditutup sementara karena diterjang longsor.
Penutupan jalur Kelok 44 karena diterjang longsor. (Foto: Tagar/Rifa Yanas)

Agam - Beberapa hari ke depan, para pengendara tidak dapat menikmati keindahan alam Danau Maninjau, Kabupaten Agam. Pasalnya, Jalan Raya Kelok 44 yang menghubungkan Kecamatan Tanjung Raya dan Kecamatan Matur itu terpaksa ditutup karena diterjang longsor pada Minggu, 26 Juli 2020 malam.

Akses jalan yang melewati Kelok 44 ditutup, mengingat kondisi jalan cukup membahayakan bagi kendaraan roda empat.

Staf Pusdalops BPBD Agam Lukman Syahputra mengatakan, longsor menyebabkan bahu jalan yang berada di kelok ke-10 amblas. Kejadian itu dipicu curah hujan yang cukup tinggi pada Minggu, 26 Juli 2020 sekitar pukul 20.15 WIB.

"Bahu jalan amblas sepanjang 10 meter dengan lebar 2,5 meter. Sesuai koordinasi dengan Dishub Agam dan Polres Agam, akses jalan yang melewati Kelok 44 ditutup, mengingat kondisi jalan cukup membahayakan bagi kendaraan roda empat,” katanya, Senin, 27 Juli 2020.

Sebagai upaya antisipasi, kata Lukman, BPBD Agam berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, Nagari dan TKSK untuk melakukan pendataan. Sejumlah pihak terkait telah turun langsung ke lokasi kejadian untuk penanganan selanjutnya.

“Pemasangan rambu dan papan informasi telah dilakukan di kedua sisi jalan. Guna menghindari korban jiwa, untuk sementara waktu arus lalu lintas melewati Kelok 44 dialihkan ke Palembayan,” tuturnya.[]

Berita terkait
Ibu Hamil dan 2 Anaknya di Agam Terinfeksi Covid-19
Tiga warga terinfeksi Covid-19 setelah Gugus Tugas melakukan tracing usai seorang calon Kafilah MTQ terpapar Covid-19.
Pencari Ikan Tewas Tenggelam di Danau Maninjau Agam
BPBD Agam melakukan evakuasi terhadap korban yang tenggelam di dasar Danau Maninjau. Nelayan tersebut tenggelam diduga karena tidak bisa berenang.
Pencarian Orang Hilang di Sungai Agam Dihentikan
Proses pencarian orang hilang di aliran sungai Kabupaten Agam dihentikan.
0
Soal Serapan Stimulus Covid-19, Jokowi: Jangan Ada Ego
Presiden Jokowi meminta agar tidak ada ego sektoral dan ego daerah terkait penyerapan stimulus anggaran penanganan Covid-19.