UNTUK INDONESIA
Disorot Konser Rp 6,7 M, Bamsoet: Tidak Sampai 500 Juta!
Ketua MPR Bamsoet menepis kabar kalau konser amal virtual bertajuk "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" menelan biaya Rp 6,7 miliar, padahal Rp 500 juta.
Tangkapan layar lelang motor listrik bertanda tangan Presiden Jokowi, Minggu (17/5/2020). (Foto: Antara/Yogi Rachman)

Pematangsiantar - Ketua MPR Bambang Soesatyo menepis kabar kalau konser amal virtual bertajuk "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" yang berlangsung pada Minggu, 17 Mei 2020, menelan biaya Rp 6,7 miliar seperti yang beredar di media sosial. 

"Beredar kabar katanya konser tersebut menelan biaya Rp 6,7 miliar, padahal faktanya tidak sampai Rp 500 juta," kata Bamsoet saat melakukan konferensi pers di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Jumat, 22 Mei 2020. 

Dia mengatakan, konser tersebut didukung para seniman dan pekerja seni, dan artis pendukung acara yang bekerja tanpa pamrih.

Baca juga: Pemenang Lelang Motor Jokowi Diperiksa Polisi Jambi

Menurut dia, dana penyelenggaraan konser amal tersebut tidak menggunakan uang negara, dengan dikumpulkan secara gotong royong oleh para seniman dan pendukung acara, tanpa mengganggu dana donasi yang terkumpul. 

Beredar kabar katanya konser tersebut menelan biaya Rp 6,7 miliar, padahal faktanya tidak sampai Rp 500 juta.

"Biaya ditutup secara gotong royong baik dari para seniman maupun dari kami, tanpa mengganggu dana donasi yang nanti akan terkumpul dan tidak ada dana sepeserpun APBN yang dipakai pada acara tersebut," ujarnya. 

Politikus Partai Golkar itu juga membantah bahwa konser yang terselenggara atas kerja sama MPR, Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP), dan BNPB itu dihadiri Presiden Jokowi secara fisik. Padahal, menurut dia, konser tersebut berlangsung secara virtual di rumah masing-masing pendukung.

Baca juga: Soal Lelang Motor Jokowi, Istana Minta BPIP Selesaikan

"Kami patut memberikan penghargaan sekaligus berharap agar amanat Presiden Jokowi dan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang disampaikan secara virtual di awal acara tersebut dan doa Wakil Presiden Maruf Amin dapat terwujud," tuturnya. 

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada Kepada Kepala BNPB, Kepala BPIP, Panglima TNI dan Kapolri, serta Jaksa Agung dan para pimpinan lembaga tinggi negara lainnya yang tampil secara virtual.

"Seperti para pimpinan MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Ketua MA, MK, KY dan Ketua BPK, Menteri BUMN, Menteri Kominfo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berpartisipasi dalam acara konser amal tersebut," katanya dilansir Antara.

Menurut Bamsoet, para pihak tersebut telah menunjukkan kepada dunia bahwa para pemimpin Indonesia kompak dan solid dalam menghadapi pandemik Covid-19. []

Berita terkait
Motor Listrik Tanda Tangan Jokowi Laku Rp 2,5 Miliar
Sepeda motor listrik buatan anak bangsa yang bertanda tangan Presiden Jokowi akhirnya laku Rp 2.5 miliar dalam acara lelang.
Jokowi: Cicilan Motor Ojol Relaksasi 1 Tahun Akibat Corona
Presiden Jokowi memberikan kelonggaran kredit bagi usaha kecil dan pekerja informal yang sedang menjalankan angsuran seperti ojek online atau ojol.
Spesifikasi Motor Kaesang Pangarep yang Kawal Jokowi
Jokowi berkunjung ke Botani Square Mall, Bogor dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W 175 custom-nya bersama Kaesang Pangarep
0
Disorot Konser Rp 6,7 M, Bamsoet: Tidak Sampai 500 Juta!
Ketua MPR Bamsoet menepis kabar kalau konser amal virtual bertajuk "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" menelan biaya Rp 6,7 miliar, padahal Rp 500 juta.