Diperingati Setiap 25 November, Inilah Sejarah Hari Guru Nasional

Profesi guru juga disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena peranannya dalam mencerdaskan bangsa,
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Guru tak hanya berperan sebagai pendidik di sekolah, tetapi juga menjadi panutan bagi para siswa-siswinya. Karena itulah, seorang guru harus memiliki pribadi yang baik dan bisa jadi contoh demi tercapainya tujuan mencetak generasi muda yang lebih tanggap, mampu bersaing dan mandiri.

Profesi guru juga disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa karena peranannya dalam mencerdaskan bangsa, namun mengapresiasi kerja keras guru tidak bisa hanya dengan sebutan pahlawan.

Tapi, ada perjuangan panjang yang perlu diberi penghargaan setimpal demi keberlangsungan hidup para guru. Pentingnya peran guru akhirnya menjadikan tanggal 25 November sebagai hari guru nasional yang diperingati setiap tahunnya. Berikut adalah sejarah dari peringatan Hari Guru Nasional.


Berawal dari Kelompok Persatuan Guru

Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Awalnya persatuan guru Indonesia bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dan didirikan pada tahun 1912. Kelompok persatuan guru ini beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah lainnya.

Saat itu para guru ternyata telah terlebih dulu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia secara tidak langsung saat mereka mengubah nama persatuan tersebut menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Dua bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 24-25 November 1945 Hari Guru mulai digaungkan. Saat itu, para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta.


Diperingati setiap 25 November sejak 1994

Persatuan guru tersebut akhirnya mengubah nama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), tepat pada tanggal 25 November 1945. Namun, saat itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional.

Barulah sejak tahun 1994 Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Ini kemudian tercantum di situs resmi PGRI. Tentu saja dicetuskannya Hari Guru untuk mengapresiasi jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Selamat Hari Guru Nasional bagi para guru di Indonesia! []


Baca Juga

Berita terkait
Sejarah dan Asal Usul Hari Guru di Indonesia
eringatan Hari Guru Nasional merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan terhadap para guru ang telah membimbing.
Memperingati Hari Guru Nasional 2021, Mendikbudristek Keluarkan Ketetapan
Semua pihak diimbau untuk menyelenggarakan kegiatan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional 2021 dengan sejumlah ketentuan.
Tuntutan Abad 21, Guru dan Dosen Harus Lakukan Transformasi Pengajaran
Kepala Pusat Penelitian Keilmuan LPPM Maximus Gorky Sembiring menyebut guru dan dosen sudah seharusnya berhijrah melakukan tranformasi.
0
China Ancam Perusahaan yang Bantu Aktivis Kemerdekaan Taiwan
China akan menghukum perusahaan-perusahaan yang membantu dan berikan dukungan keuangan kepada aktivis kemerdekaan Taiwan