UNTUK INDONESIA
Dipecat Milan, Giampaolo Digantikan Stefano Pioli
AC Milan akhirnya memecat pelatih Marco Giampaolo yang menjadikannya pelatih tersingkat dalam sejarah klub. Posisinya digantikan Stefano Pioli.
AC Milan akhirnya memecat pelatih Marco Giampaolo yang menjadikannya pelatih tersingkat dalam sejarah klub. Giampaolo menangani tim selama 111 hari. Posisinya digantikan Stefano Pioli. (Foto: acmilan.com)

Jakarta - AC Milan mencatat rekor anyar. Pelatih Marco Giampaolo dipecat yang menjadikannya pelatih tersingkat dalam sejarah klub. Giampolo menangani tim selama 111 hari di tujuh pertandingan Serie A Italia. Posisinya hampir dipastikan digantikan Stefano Pioli. 

Torehan prestasi Milan selama ditangani Giampaolo memang sangat buruk. Dari tujuh pertandingan pertama, Milan tercatat empat kali menelan kekalahan, termasuk ditaklukkan Inter Milan 0-2 dalam Derby della Madonnina. Padahal dalam derby itu, Milan bertindak sebagai tuan rumah. 

Sebelum ditangani Giampaolo, Milan saat bersama Gennaro Gattuso menduduki peringkat lima. Kini Rossoneri berada di peringkat 13 dan hanya unggul tiga poin dari tim yang berada di zona degradasi.

"AC Milan mengumumkan telah memberhentikan Marco Giampaolo dari posisinya sebagai pelatih tim utama. Klub berterima kasih kepada Marco atas karya yang diberikan dan berharap yang terbaik untuk karier profesionalnya." Demikian pernyataan resmi Milan seperti dikutip Football Italia

Meski belum resmi mengumumkan siapa yang menggantikan Giampaolo, namun Pioli hampir dipastikan menjadi pelatih anyar Milan. Klub sudah melakukan pembicaraan sebelum memecat Giampaolo

Dirinya segera menandatangani kontrak selama satu tahun dengan gaji sebesar 1,5 juta euro atau Rp 23,2 miliar. Mantan pemain Juventus ini akan mendapat opsi perpanjangan kontrak bila meraih prestasi cukup bagus di Milan. 

Pioli sendiri sudah bertemu dengan petinggi Milan, Zvonimir Boban. Dalam acara makan malam itu, keduanya dikabarkan sudah mencapai kesepakatan. 

"Saya senang. Makan malam pertama berjalan lancar," kata Pioli tanpa menyebut soal rencana menangani Milan.  

Pioli menghabiskan 16 tahun karier kepelatihannya di Italia dengan menangani tim-tim Bologna, Lazio, Inter dan Fiorentina. Hanya, pelatih berusia 53 ini tak pernah memenangkan gelar juara.  

Ini yang menjadikan fans Milan kecewa dengan penunjukan Pioli. Tagar #PioliOut di media sosial Twitter. Bahkan tagar itu sempat trending. 

Suporter Milan dikabarkan lebih menginginkan Luciano Spalletti untuk menggantikan Giampaolo. Hanya, Milan kesulitan menggaet Spalletti yang masih terikat kontrak dengan Inter meski sudah tak lagi melatih di klub rival. []

Berita terkait
Calon Pelatih Anyar Milan, Pioli atau Mourinho
AC Milan bakal memecat pelatih Marco Giampaolo dan digantikan dengan Stefano Pioli yang pernah menangani Inter Milan.
AC Milan Menang, Pelatih Giampaolo Belum Aman
Pelatih AC Milan Marco Giampaolo tetap belum aman dan masih memungkinkan dipecat bila tim tak tampil konsisten dan menunjukkan performa terbaik.
AC Milan Klub Tersukses Ke-4 di Dunia
Sebagai salah satu klub tersukses di Dunia klub sepak bola Italia, AC Milan, akan membangun stadion baru yang akan jadi ikon baru
0
Nobel Ekonomi 2019, Penelitian Tentang SD Inpres di Indonesia
Nobel Ekonomi tahun 2019 dimenangkan tiga ekonom dari Amerika. Salah satunya mengangkat riset tentang Sekolah Dasar (SD) Inpres di Indonesia.