UNTUK INDONESIA
Calon Pelatih Anyar Milan, Pioli atau Mourinho
AC Milan bakal memecat pelatih Marco Giampaolo dan digantikan dengan Stefano Pioli yang pernah menangani Inter Milan.
Mantan pelatih Inter Milan Stefano Pioli disebut-sebut akan menangani AC Milan bila memecat pelatih Marco Giampaolo. (Foto: acmilan.theoffside.com)

Jakarta - Kandidat pelatih AC Milan pengganti Marco Giampaolo mengerucut pada dua nama, Stefano Pioli dan Jose Mourinho. Pioli di pole position karena Mourinho meminta dana tak sedikit untuk membangun skuat. 

Pioli dikabarkan sudah bertemu dengan manajemen Milan, Selasa 8 Oktober 2019. Menurut Gazzetta dello Sport, pertemuan itu merupakan bagian dari rencana Milan bila memberhentikan Giampaolo. 

Meski Milan berhasil memutus rekor kekalahan saat menang 2-1 atas Genoa di Serie A Italia, namun posisi Giampaolo tidak secara otomatis aman. Salah satu petinggi klub, Zvonimir Boban menilai penampilan Milan tak menunjukkan karakter dan determinasi seperti saat masih ditangani Gennaro Gattuso. 

Artinya level permainan Milan di bawah asuhan eks pelatih Sampdoria ini masih kalah kualitas dibandingkan era Gattuso. Padahal penampilan Rossoneri saat ditangani Gattuso pun sesungguhnya tak sesuai ekspetasi. 

Kegagalan Giampaolo pun memaksa Milan untuk melakukan pergantian pelatih. Sejumlah kandidat sudah muncul ke permukaan. Namun Pioli merupakan yang terkuat 

Pelatih berusia 53 ini termasuk sarat pengalaman melatih tim-tim Serie A. Tercatat, eks pemain Juventus era 1985 ini pernah menangani Chievo Verona, Bologna, Lazio, Inter Milan dan Fiorentina. 

Dirinya memang mengawali karier kepelatihan dengan menangani tim-tim papan bawah. Namun sejak 2011, Pioli menangani tim-tim medioker dan papan atas.

Pelatih yang terakhir kali menangani Fiorentina ini pernah meloloskan Lazio ke Liga Champions 2015. Dia juga dinilai termasuk sukses mempertahankan performa La Viola setelah kematian secara tragis sang kapten, Davide Astori, tahun lalu. 

Selain Pioli, Milan sesungguhnya mengincar Mourinho. Harian Portugal, Record, mengungkapkan bila Milan sudah melakukan pembicaraan dengan Mourinho untuk menggantikan Gattuso. Hanya, Milan akhirnya memboyong Giampaolo. 

Dengan rencana pemecatan pelatihnya, Milan kembali mempertimbangkan Mourinho. Hanya, 'proyek juara' yang disodorkan pelatih yang terakhir kali menangani Manchester United ini dinilai kemahalan. 

Pasalnya, Mourinho ingin membangun tim dengan pemain papan atas. agar bisa bersaing dengan Inter yang pernah ditanganinya. Hanya ini bertolak belakang dengan Milan yang merencanakan membangun kembali tim dengan pemain muda. 

Ini yang menjadikan Pioli bakal mulus ke Milan. Sedangkan kandidat lain seperti Luciano Spalletti dan Rudi Garcia sudah dicoret. Spalletti sempat masuk bursa, namun dirinya masih memiliki ikatan kontrak dengan Inter meski sudah diberhentikan. []

Berita terkait
AC Milan Menang, Pelatih Giampaolo Belum Aman
Pelatih AC Milan Marco Giampaolo tetap belum aman dan masih memungkinkan dipecat bila tim tak tampil konsisten dan menunjukkan performa terbaik.
Milan Menang, Kiper Reina Pahlawan Sekaligus Pecundang
Kiper AC Milan Pepe Reina jadi pecundang dan kemudian pahlawan saat membawa tim menang 2-1 atas Genoa di pertandingan Serie A Italia.
AC Milan Klub Tersukses Ke-4 di Dunia
Sebagai salah satu klub tersukses di Dunia klub sepak bola Italia, AC Milan, akan membangun stadion baru yang akan jadi ikon baru
0
Pengamat Sebut Gerindra Bisa Jadi Koalisi-Kritis
Apabila Gerindra bergabung ke pemerintahan Jokowi, partai tersebut bisa berperan menjadi koalisi-kritis.