UNTUK INDONESIA
Dinkes Deteksi Dini Cegah Virus Corona di Babel
Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka mendeteksi dini penyebaran virus corona.
Seorang staf medis merawat seorang pasien dengan pneumonia yang disebabkan oleh virus corona baru di Rumah Sakit Zhongnan Universitas Wuhan, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Rabu (22/1/2020). (Foto: Antara)

Pangkalpinang - Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan deteksi dini dan mengoptimalkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota guna mencegah penyebaran virus corona dan pneumonia berat yang mewabah di Tiongkok.

"Kita berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan kabupaten/kota sebagai langkah mendeteksi dini masuknya virus corona tersebut," kata Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel Mulyono Susanto di Pangkalpinang, Jumat, 24 Januari 2020, seperti diberitakan Antara

Mulyono Susanto mengatakan deteksi pencegahan, respons, dan antisipasi munculnya kasus dengan gejala pneumonia berat dengan etiologi tidak jelas terhadap pasien yang berobat di fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta, baik primer maupun rujukan.

"Saat ini kita belum menemukan kasus atau gejala penyakit pneumonia yang disebabkan virus corona ini," ujar dia.

Jika ditemukan kasus seperti itu, pihaknya segera melakukan tata laksana, isolasi, dan melaporkan secara berjenjang. Prosedur dilakukan sesuai dengan sistem surveilans kesehatan yang berlaku.

Selanjutnya, diteruskan ke Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kita belum menemukan kasus atau gejala penyakit pneumonia yang disebabkan virus corona.

"Jika ditemukan kelompok kasus klaster dari kasus tersebut di wilayah kabupaten/kota, maka dilakukan investigasi dan penanggulangan sesuai ketentuan yang berlaku untuk mencegah penularan dan penyebaran lebih lanjut agar kejadian tidak meluas," ucap Mulyono

 Dia mengimbau masyarakat mewaspadai gejala pneumonia dan melapor ke Dinas Kesehatan atau rumah sakit terdekat, agar mendapatkan penanganan medis dengan cepat.

"Gejala yang muncul pada pneumonia ini, di antaranya demam, lemas, batuk kering, dan sesak atau kesulitan saat bernapas," katanya. []

Baca juga:

Berita terkait
Virus Corona, Kemenhub Larang Maskapai ke Wuhan
Kemenhub melarang maskapai nasional beroperasi dari dan kota Wuhan,China sementara waktu menghindari penyebaran virus corona masuk Indonesia.
Dinkes Antisipasi Masuknya Virus Corona ke Sulsel
Untuk mencegah masuknya Virus Corona ke Sulsel. Pemprov Sulsel akan memperketat pemeriksaan di Bandara dan Pelabuhan
Virus Corona, China Seperti Kota Mati
Virus corona yang menyerang sejumlah kota di China membuat Negeri Tirai Bambu itu seperti kota mati, sejumlah sarana transportasi lumpuh.
0
Menkes RI Sebut Jemaah Umrah Indonesia Bebas Corona
Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto menghargai keputusan Arab Saudi terkait larangan umrah karena corona.