UNTUK INDONESIA
Dinding Lantai 3 Stadion Kudus Ambruk, 10 Jam Berdiri Lagi
Dinding lantai 3 tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus, roboh diterjang angin kencang. Dalam 10 jam kembali berdiri.
Dinding lantai 3 Stadion Wergu Wetan Kudus telah diperbaiki. Usai ambruk diterjang angin pada Selasa sore, 10 November 2020. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Dinding lantai 3 tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus, Jawa Tengah, roboh diterjang angin kencang pada Selasa sore, 10 November 2020. Dalam kurun waktu sepuluh jam pasca kejadian, dinding kembali berdiri .

Dari pengamatan Tagar di lantai tiga tribune timur Stadion Wergu Wetan, dinding bagian timur-selatan sepanjang 24 meter dengan tinggi 1,7 meter itu sudah kembali berdiri. Walau permukaannya belum diplester.

"Kemarin sore pasca ambruk langsung kami benahi. Pengerjaan dinding itu selesai semalam, Rabu, 11 November 2020 sekitar pukul 02.00 WIB," ujar Wakil Pelaksana PT Reska Esti Utama, Johnri Sitompul saat ditemui Tagar di lokasi pembangunan.

Baca Juga:

Proses perbaikan dinding tersebut, lanjut Johnri memakan waktu sekitar 10 jam. Hujan yang mengguyur Stadion Wergu Wetan Kudus membuat proses perbaikan sempat mandek.

Namanya alam tidak bisa dikendalikan.

Johnri menegaskan dinding tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus yang ambruk bukanlah bagunan struktur. Melainkan dinding pembatas dari bata hebel.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan tembok tersebut baru berumur tiga hari. Sedangkan ring dan kolomnya baru semalam dicor. Untuk mengantisipasi jika kembali terjadi terjangan angin kencang, pihaknya akan memperkuat bangunan dengan menambahkan ring.

Stadion KudusDinding lantai 3 Stadion Wergu Wetan Kudus telah diperbaiki. Usai ambruk diterjang angin pada Selasa sore, 10 November 2020. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Konsultan Pengawas Proyek Pembangunan Stadion Wergu Wetan Kudus, Sabarudin menegaskan ambruknya dinding lantai tiga tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus murni sebab force majeure atau faktor alam. "Namanya alam tidak bisa dikendalikan. Kemarin anginnya memang sangat kencang, hingga beberapa pohon dan bangunan di sekitar Stadion Wergu Wetan ada yang ambruk," terangnya.

Baca Juga:

Menurut dia, untuk struktur bangunan Stadion Wergu Wetan Kudus tidak ada masalah. "Itu hanya bangunan pelengkap. Ini membuktikan kalau kualitas pembangunannya terjaga dengan baik," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Olahraga Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus, Muhammad Minan mengatakan saat ini progres pembangunan tribune timur Stadion Wergu Wetan telah mencapai 45 persen. Kejadian ambruknya dinding lantai tiga dinilainya tidak mengganggu progres pembangunan.

Menurut dia, jumlah tenaga kerja yang banyak membuat permasalahan tersebut bisa segera diatasi oleh pelaksana. "Semuanya masih on the track," imbuh dia.

Baca Juga:

Pihaknya kembali menegaskan permasalahan ambruknya dinding lantai tiga disebabkan faktor non teknis. Bukan sebab kualitas bangunan. "Kualitas bangunan kami awasi betul. Kami tidak ingin kejadian lalu terjadi lagi," pungkas dia.

Diberitakan sebelumnya, dinding lantai tiga tribune timur Stadion Wergu Wetan Kudus ambruk usai diterjang angin kencang Selasa sore, 10 November 2020. Kejadian yang berlangsung sekitar pukul 15.55 itu membuat tembok pembatas 1,7x24 meter disisi tenggara runtuh.

Hujan lebat dengan angin kencang sore itu tidak hanya mengambrukkan tembok Stadion Wergu Wetan. Sore itu, puluhan pohon, baliho dan kanopi pasar di Kudus juga roboh. []

Berita terkait
Lantai Kudus City Walk Mulai Dipasang, Selesai Bulan Depan
Proyek Kudus City Walk ditarget selesai bulan depan. Saat ini pelaksana proyek tengah menggarap lantai sisi utara.
Diterjang Angin Kencang, Pohon di Kudus Bertumbangan
Bencana alam berupa angin kencang menerjang wilayah Kudus. Pohon, baliho dan tiang listrik bertumbangan.
Rawan Kecelakaan, 4 Titik di Kudus Dipasang Rambu Penegas
4 persimpangan di Kudus di pasang rambu penegas berhenti saat lampu merah. Sering terjadi pelanggaran yang memicu kecelakaan di titik tersebut.
0
Gatot Nurmantyo Absen, Mahfud Md: Bintang Mahaputra Dikirim
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md menyatakan Bintang Mahaputra untuk Gatot Nurmantyo dikirim sekmil