Dinasti SYL Mulai Luntur di Sulsel?

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL) diprediksi tidak lolos ke Senayan.
Syahrul Yasin Limpo, mantan Gubernur Sulawesi Selatan dua periode ini kemungkinan gagal melenggang ke Senayan. (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Makassar - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), dua periode, Syahrul Yasin Limpo (SYL) diprediksi tidak lolos ke Senayan. SYL sapaan akrabnya, yang juga Ketua DPP Partai Nasdem, Bidang Otonomi Daerah itu maju bertarung pada Pileg 2019 melalui partai bentukan Surya Dharma Paloh di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel II.

Di dapil II ini terdapat sembilan kursi yang diperebutkan, yang meliputi Kabupaten Bulukumba, Sinjai, Bone, Soppeng, Wajo, Kota Parepare, Barru, Pangkep dan Maros.

Menurut Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasdem Sulawesi Selatan Syahruddin Alrif, partainya kemungkinan mendapatkan dua kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel I

"Salinan formulir C1 plano masuk, Nasdem mendapat dua kursi," kata Wakil Ketua DPRD Sulsel Minggu 24 April 2019 yang lalu.

Sedangkan untuk peraih suara terbanyak di internal NasDem, Sahar menyebutkan, petahana Akbar Faizal, dan istri Bupati Wajo Amran Mahmud, Sitti Maryam.

Baca juga: Dinasti Politik Membunuh Demokrasi

Untuk dapil II, istri Bupati Kabupaten barru, Suardi Saleh, Hasnah Syam berpeluang lolos. "Potensi dua kursi besar di Dapil Sulsel II," terangnya.

   Selain SYL, putrinya Indira Chunda Thita Syahrul Yasin Limpo juga terancam tidak lolos lagi. Indira adalah mantan anggota Fraksi PAN DPR RI.

Di Pileg 2019 ini, Indira maju kembali sebagai Caleg DPR RI di dapil I Sulsel, yang meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Selayar. Melalui Partai NasDem.

Baca juga: Nama 233 Caleg DPR RI Pemilu 2019 Masuk Senayan

Dari informasi dihimpun Tagar, suara terbanyak di internal NasDem diraih petahana Akbar Faizal, dan istri Bupati Kabupaten Wajo, Sitti Maryam.

Namun dua keluarga SYL berpeluang mewakili suara rakyat di parlemen, keduanya adalah Tenri Olle Yasin Limpo dan Andi Pahlevi. Tenri bertarung memperebutkan kursi DPR RI melalui Dapil Sulsel I. Tenri separtai dengan keponakannya, Indira Chunda Thita.

Sementara Andi Pahlevi maju bertarung melalui Partai Gerindra Makassar, di daerah pemilihan (Dapil) Makassar II. Pada Pileg 2019, Pahlevi dipastikan terpilih lagi sebagai anggota DPRD Kota Makassar. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Tips Mencegah Keriput Pada Usia Muda
Semakin cepat mencegah keriput pada kulit wajah semakin baik hasil yang Anda dapatkan sebab keriput yang dibiarkan membuat tampilan tampak tua.