UNTUK INDONESIA
Dilantik Jadi Wali Kota Pasuruan, Teno Sudah Ajukan Cuti
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa sudah menerima surat pengajuan cuti Rahardi Teno Prasetyo untuk maju di Pilkada Kota Pasuruan.
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melantik Rahardi Teno Prasetyo sebagai Wali Kota Pasuruan definitif di Gedung Grahadi Surabaya, Senin, 21 September 2020. (Foto: Pemprov Jatim/Tagar/Adi Suprayitno)

Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa melantik Rahardi Teno Prasetyo sebagai Wali Kota Pasuruan definitif di Gedung Grahadi Surabaya, Senin, 16 September 2020. Teno dilantik sebagai Wali Kota Pasuruan definitif setelah Menteri Dalam Negeri memberhentikan Setyono karena tersandung kasus korupsi. 

Meski telah dilantik secara langsung oleh Khofifah, Teno bersiap mengajukan cuti. Cuti diambil Teno karena dirinya maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pasuruan. 

Tanggal 6 Desember beliau kembali menjadi Wali Kota Pasuruan hingga ada pengumuman hasil Pilkada Kota Pasuruan dari KPU.

"Tanggal 26 (September) nanti beliau sudah mulai cuti. Beliau (Teno) sudah mengajukan surat cuti dan sudah saya tanda tangani," ujarnya usai pelantikan.

Khofifah mengaku pengajuan cuti sebagai kepala daerah untuk maju di kontestasi politik adalah hal yang wajar. Nantinya Teno akan cuti mulai 26 September hingga 5 Desember atau 71 hari. 

"Tanggal 6 Desember beliau kembali menjadi Wali Kota Pasuruan hingga ada pengumuman hasil Pilkada Kota Pasuruan dari KPU," ucapnya. 

Sebelum memasuki masa cuti, Khofifah berpesan kepada Teno agar memprioritaskan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kota Pasuruan tahun 2021. 

“Tentu pesan kami, jaga koordinasi pengendalian Covid-19 di Kota Pasuruan. Pastikan terkonfirmasi ke Forkopimda. Ada Kapolres, Dandim, Kajari, juga Kepala PN kalau ada operasi yustisi dan seterusnya,” ujarnya.

Dia juga meminta Teno untuk berkoordinasi lebihi lanjut dengan TIm Penggerak PKK, yang mana Arumi Bachsin sebagai Ketua TP PKK Jatim bersama Ketua TP PKK sudah meluncurkan 26 juta masker.

“Ini kami terus keliling. Semua bareng-bareng. Karena memang Jatim ini luas, penduduknya juga banyak, jadi teman-teman itu luar biasa dukungannya. Kalau mau bilang pentahelix, teman-teman media juga punya peran luar biasa menyampaikan pesan jaga protokol kesehatan,” ujarnya. 

Sekadar diketahui, Rahardi Teno Prasetyo maju di Pilkada Kota Pasuruan dengan menggandeng M Hasjim Asjari. Dia akan melawan mantan Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf dan berpasangan dengan Adi Wibowo. []

Berita terkait
Kronologi Kecelakaan Beruntun di Kota Pasuruan
Kecelakaan beruntun di Jalan Raya Gatot Subroto, Pasuruan menyebabkan satu orang meninggal dunia dan dua mengalami luka.
Khofifah Pastikan Konser Ari Lasso di Pasuruan Batal
Uji coba konser Ari Lasso di Pasuruan, Jatim, dibatalkan pihak inisiator. Kepastian itu disampaikan Gubernur Khofifah Indar Parawansa.
PKS Susul PKB Usung Gus Ipul di Pilwali Pasuruan
Saat ini mantan Wagub Jawa Timur, Gus Ipul sudah mengamankan rekomendasi Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa untuk maju di Pilwali Pasuruan.
0
Istri Cawalkot Medan Akhyar Nasution Bagi-bagi APK di Masjid
Kehadiran Nurul Khairani tanpa diundang. Di tempat ibadah itu, dia membagikan alat peraga kampanye suaminya, Akhyar Nasution.