Penipuan Bitcoin, Akun Twitter Pesohor AS Diretas

Akun Twitter milik para pesohor di Amerika Serikat diretas dalam kasus penipuan mata uang digital, Bitcoin.
Logo Twitter. (Foto: Antara/Arindra Meodia)

Jakarta - Akun Twitter milik para pesohor di Amerika Serikat diretas dalam kasus penipuan Bitcoin. Miliader Elon Musk, Jeff Besos, dan Bill Gates, deretan tokoh terkemuka yang menjadi target sasaran penipuan mata uang digital cryptocurrency itu.

Akun resmi mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga tak luput dari sasaran penipun. Mantan Wakil Presiden AS yang maju dalam pilpres, Joe Biden dan rapper Kanye West yang juga maju dalam pilpres, istri West, Kim Kardashian yang merupakan bintang realty TV, serta miliade media, Mike Bloomberg, turut menjadi korban.

Baca Juga: Data Akun Bisnis Twitter Bocor

"Semua orang meminta saya untuk memberi kembali, dan sekarang saatnya," tweet dari akun Bill Gates. "Anda mengirim US$ 1.000, saya mengirim Anda kembali US$ 2.000."

Barack ObamaBarack Obama dengan penampilan kerja yang santai. (Foto: Instagram/@barackobama)

Seperti diberitakan dari BBC News, Kamis, 16 Mei 2020, kicauan dihapus hanya beberapa menit setelah diposkan pertama kali.

Twitter mengambil langkah luar biasa untuk menghentikan banyak akun terverifikasi yang ditandai dengan kutu biru dari tweeting sama sekali. Ada laporan bahwa permintaan pengaturan ulang kata sandi juga ditolak.

Dmitri Alperovitch, yang ikut mendirikan perusahaan keamanan cyber CrowdStrike, mengatakan kepada kantor berita Reuters: "Ini tampaknya merupakan hack terburuk dari platform media sosial utama."

Twitter mengatakan sedang menyelidiki insiden itu dan akan segera mengeluarkan pernyataan. Elon Musk, CEO Tesla dan SpaceX dalam akun resminya malah menawarkan pembayaran Bitcoin dua kali lipat yang dikirim ke alamat dompet digitalnya "untuk satu jam berikutnya".

"Saya merasa murah hati karena Covid-19," kata Musk dalam cuitannya. Satu tweet dari akun Musk sudah dihapus. Mantan Wakil Presiden AS, Joe Biden mengatakan Twitter telah mengunci akun dalam beberapa menit setelah peretasan.

Baca Juga: Lagi, Cuitan Presiden Trump Bermasalah di Twitter

Seorang juru bicara Bill Gates mengatakan kepada kantor berita AP, "Ini tampaknya menjadi bagian dari masalah yang lebih besar yang dihadapi Twitter." []

Berita terkait
Fitur Pesan Suara di Cuitan Twitter
Twitter telah menambahkan pesan suara dalam cuitan, yang akan melengkapi pesan singkat berbasis teks.
Twitter Beri Label Manipulasi Postingan Donald Trump
Twitter memberi label manipulated media bahwa video yang diunggah dalam akun pribadi Presiden AS Donald Trump merupakan hasil manipulasi.
Twitter Tambahkan Fitur Pesan Suara pada Tweet
Kini pengguna dapat mengirim tweet dengan menyertakan pesan suara.
0
Biden Ingatkan Rakyat Amerika Terkait Pengorbanan Tentara
Presiden Biden beri penghormatan kepada korban perang AS dengan mengingat pengorbanan mereka untuk kebebasan Amerika