UNTUK INDONESIA
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Limapuluh Kota
Seorang terduga teroris ditangkap Densus 88 di Kabupaten Limapuluh Kota.
Densus 88 anti teror amankan terduga teroris di Lamongan. (Foto: Ilustrasi)

Limapuluh Kota - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri dilaporkan menangkap seorang terduga teroris di Sumatera Barat. Pelaku berinisial ADS, 39 tahun itu diduga jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

Benar, ada penangkapan itu (teroris). Lengkapnya besok (Senin, 9 November 2020) akan kami rilis.

Informasinya, ADS diciduk polisi di Jalan Raya Bukittinggi - Payakumbuh, tepatnya di kawasan Koto Tangah, Batuhampa, Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota pada Jumat, 6 November 2020.

"Benar, ada penangkapan itu (teroris). Lengkapnya besok (Senin, 9 November 2020) akan kami rilis," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri, Brigjen Pol Awi Setiyono kepada Tagar melalui sambungan seluler, Minggu, 8 November 2020.

Menurut Awi, sebelum menangkap ADS, polisi juga telah menciduk beberapa terduga teroris yang tergabung dalam JAD dan Jamaah Islamiyah (JI). Setidaknya ada 6 pelaku yang diringkus Densus 88 di Lampung, Batam dan Kepulauan Riau.

"Diduga mereka tergabung ke dalam jaringan itu (JAD), tapi masih kami dalami," katanya.

Terpisah, Wali Nagari Koto Tangah, Batuhampa, Kecamatan Akabiluru, Syamsul Akmal ikut membenarkan bahwa salah seorang warganya diciduk polisi. "Saya tahunya setelah dipanggil polisi saja pada saat penggeledahan," katanya.

Syamsul tidak menjelaskan latar belakang pelaku dan mengaku tidak tahu bagaimana keseharian ADS sebelum ia diciduk polisi. "Itu yang saya kurang tahu, karena segini banyaknya warga, namun yang jelas saya kaget juga," katanya. []

Berita terkait
Kemensos Beri Bantuan Rp 1,2 Miliar ke Eks Napi Terorisme
Kemensos menyalurkan dana bantuan sosial keluarga eks napi terorisme dan radikalisme senilai Rp 1,2 miliar
Presiden Prancis Sebut Islam Teroris, Ini Respon Paul Pogba
Gelandang Manchester United Paul Pogba menyatakan mundur dari tim nasional Prancis. Ini sebagai protes Pogba atas pernyataan Presiden Prancis.
Rentang Sejarah Serangan Teroris Ekstremis Kanan di Dunia
Dalam 10 tahun terakhir telah terjadi banyak serangan terhadap komunitas Muslim dan Yahudi, serta orang non-kulit putih, di seluruh dunia
0
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Limapuluh Kota
Seorang terduga teroris ditangkap Densus 88 di Kabupaten Limapuluh Kota.