Demokrat Bidik Tujuh Daerah di Pilkada Jawa Barat

Tujuh daerah di Jabar ditargetkan bisa dimenangkan Partai Demokrat bersama koalisi, kecuali Pangandaran karena Demokrat tidak ada wakil di DPRD
Ketua DPC Partai Demokrat Indramayu yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat, Sri Budiharjo Herman (kiri kedua) bersama kader Demokrat Jawa Barat lainnya (Foto:Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - DPD Partai Demokrat Jawa Barat optimistis bisa menang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) minimal di lima atau tujuh daerah di Jawa Barat, terutama di daerah yang kadernya maju menjadi salah satu bakal calon.

“Pilkada Jabar, ya kita siap dan mudah-mudahan kita bisa menang terutama yang daerahnya ada kader kita yang maju, itu yang jadi fokus kerja kita,” tutur Ketua DPC Partai Demokrat Indramayu yang juga menjabat sebagai Anggota DPRD Jawa Barat dari Fraksi Partai Demokrat, Sri Budiharjo Herman kepada Tagar, di Bandung, 20 Agustus 2020.

Tujuh daerah yang dibidik Partai Demokrat tersebut yaitu, Kabupaten Bandung, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, Tasikmalaya dan Kota Depok. Hanya Kabupaten Pangandaran yang tidak menjadi target pemenangan karena Partai Demokrat tidak memiliki kursi di DPRD Kabupaten Pangandaran.

“Hanya satu wilayah yang tidak menjadi target pemenangan Partai Demokrat, Kabupaten Pangandaran. Sehingga kita tak terlalu mendorong menang disana. Jadi kita lebih fokus pada daerah yang partai kita memiliki kursi di DPRD-nya terutama kader kita yang jadi bakal calonnya,” jelas dia.

Meskipun beberapa wilayah yang ditargetkan dimenangkan Partai Demokrat, tetapi secara detail hal tersebut belum dipetakan. Mengingat beberapa nama bakal calon belum diresmikan, termasuk koalisinya yang beberapa masih belum final.

“Yang jelas, bakal calon yang kita usung atau dukung harus memiliki parameter seperti sudah pasti syarat mutlak adalah kader kita. Kemudian, memiliki pengalaman atau jam terbang di pemerintahan (kapabilitas), harus memiliki popularitas tinggi, dan syarat terakhir memiliki kemampuan finansial,” kata dia.

Untuk diketahui, di Kabupaten Cianjur Partai Demokrat Jabar mengusung Wawan Setiawan (Sekretaris DPD Partai Demokrat Jabar). Sedangkan di Indramayu, Partai Demokrat mengusung Ratnawati yang merupakan istri dari Herman Khaeron anggota DPR RI dari Partai Demokrat,

Kabupaten Bandung ada nama yang muncul Dina Lorenza, dan di Kabupaten Sukabumi, Partai Demokrat dikabarkan mengusung petahana yakni Marwan dan Adjo Sama, di Kabupaten Tasikmalaya, dikabarkan baru terbentuk koalisi, dan di Kabupaten karawang Demokrat mendukung Cellica Nurrachadiana, di Kota Depok Partai Demokrat mendukung Mohammad Idris dan Imam Budi Hartono. []

Berita terkait
Keselamatan Warga dari Covid-19 di Pilkada Jabar
Gugus Tugas Covid-19 Jabar mengatakan bahwa pihaknya mengutamakan keselamatan warga agar terhindar dari Covid-19 di Pilkada 2020 di Jawa Barat
Delapan Pilkada di Jabar di Masa Pandemi Covid-19
Masa pandemi Covid-19 Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Jabar berbeda karena pakai cara Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan protokol kesehatan
Money Politik Tetap Tinggi di Pilkada 2020 Jabar
Money politik diperkirakan tetap akan mendominasi kerawanan pelanggaran Pilkada 2020 di Jabar.
0
Nadiem Makarim Ingin Program MBKM di Manfaatkan Mahasiswa
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim berkeinginan program MBKM dapat dimanfaatkan kampus dan mahasiswa sebaik mungkin.