Delapan Juta Pelaku UMKM Wajib Melek Internet

Pelaku UMKM diharapkan melek internet pada tahun ini. Hal ini menjadikan tantangan bagi Kemenkominfo.
Kepala Sub Direktorat Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi, dan Perdagangan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) Sumarno memberikan paparan dalam peluncuran kompetisi Creativepreneur The Big Star di Jakarta, Rabu (19/6/2019). (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Jakarta -  Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) diharapkan melek internet pada tahun ini. Hal ini menjadikan tantangan bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Kemenkominfo menargetkan sebanyak delapan juta pelaku UMKM melek internet pada 2019.

"Sebanyak delapan juta pelaku UMKM itu diharapkan telah berjualan secara daring pada tahun ini," kata Kepala Sub Direktorat Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi, dan Perdagangan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), Sumarno di Jakarta, dikutip Antara, Rabu, 19 Juni 2019.

Sebelumnya, Kemenkominfo mencatat sebanyak 6,4 juta UMKM telah berjualan menggunakan secara daring pada 2018.

"Target penambahan tersebut diharapkan dapat terwujud melalui program 'UMKM Go Online', sehingga masyarakat bisa memasarkan melalui daring," kata Sumarno.

Sumarno mengatakan sejumlah pelaku UMKM masih nyaman berjualan secara konvensional atau offline sehingga menjadi kendala untuk mewujudkan target delapan juta UMKM melek internet.

Padahal perkembangan teknologi informasi (IT) yang pesat akan menjadi ancaman bagi keberlangsungan usaha yang tidak bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Kemenkominfo, kata Sumarno, memberikan pendampingan kepada pelaku usaha kecil, termasuk di desa-desa dalam pemanfaatan internet sebagai pendukung usaha mereka menyusul potensi Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia dengan jumlah pengguna internet mencapai 132 juta.

Sementara, Sekretaris Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Edi Siswanto mengatakan sekitar 7.000 pelaku UMKM tercatat telah melakukan online marketing di bawah pembinaan Kemenperin melalui program e-Smart IKM yang dimulai pada 2017 hingga 2019.

"UMKM yang terdaftar dalam program e-Smart IKM berasal dari sektor makanan dan minuman, logam, furnitur, kerajinan, fashion, herbal, kosmetik, dan industri kreatif," kata Edi.

Edi mengatakan pelaku UMKM seringkali menghadapi kendala kualitas dan standard produk untuk dapat bersaing dalam pasar digital.

"Oleh sebab itu, pemerintah akan terus melakukan pendampingan kepada mereka agar permasalahan tersebut tidak terjadi," kata dia.

Indonesia, menurut Edi, menargetkan masuk dalam sepuluh besar perekonomian Asia pada 2030 dengan peningkatan penjualan produk UMKM secara daring.

Baca juga:

Berita terkait
0
Hasil Pertemuan AHY dan Surya Paloh di Nasdem Tower
AHY atau Agus Harimurti Yudhoyono mengaku sudah tiga kali ke Nasdem Tower kantor Surya Paloh. Kesepakatan apa dicapai di pertemuan ketiga mereka.