UNTUK INDONESIA
KPUD Bulukumba Rancang Tahapan Debat Kandidat Pilkada
Ini jadwal debat kandidat calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bulukumba Sulsel.
Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Awaluddin. (Foto: Tagar/ Muh afriansyah Lahia)

Bulukumba - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Sulawesi Selatan, telah menjadwalkan debat kandidat Calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba, Awaluddin, mengatakan pihaknya telah melangsungkan rapat koordinasi dalam rangka persiapan debat publik untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba.

Debat kandidat dilaksanakan tanggal 1 November 2020, kemudian debat kedua pertengahan November.

"Kami menyampaikan tema-tema yang dijadikan sebagai materi dalam rangka kegiatan debat. Penting bagi pasangan calon atau tim kampanye Paslon untuk mengetahui sehingga memiliki pemahaman awal terkait pelaksanaan debat nantinya," kata Awaluddin, yang juga Devisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM ini.

Debat kandidat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba, kata Awaluddin rencana tiga tahap. Debatnya nanti akan diselenggarakan secara protokol kesehatan Covid-19.

"Debat kandidat dilaksanakan tanggal 1 November 2020, kemudian debat kedua pertengahan November, lalu debat kandidat ketiga dilaksanakan di akhir November 2020 mendatang," jelas Awal.

Pada debat kandidat nantinya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba telah menyiapkan tema debat kandidat, untuk tahap pertama Peningkatan kesejahtraan masyarakat dalam memajukan daerah.

Kemudian debat kedua, dengan tema tentang menyerasikan pelaksanaan pembangunan daerah, kabupaten, provinsi hingga nasional kaitannya dalam memperkokoh NKRI.

Lalu debat ketiga, dengan tema menyelesaikan persoalan daerah tentang kebijakan dan strategi pencegahan covid-19 serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Menurut Awal, pelaksanaan debat nantinya akan dibatasi peserta undangan yang hadir. Diantaranya empat pasangan calon, empat orang masing-masing tim pasangan calon, Bawaslu Bulukumba, moderator.

"Kami juga menyiapkan fasilitas lain seperti live streaming di sosial media, atau zoom meeting agar masyarakat mampu melihat proses debat kandidat," ungkapnya.

Sekedar diketahui, empat pasangan calon telah ditetapkan oleh KPU Bulukumba, diantaranya nomor urut 1 pasangan Andi Hamzah Pangki-Andi Murniyati Makking (HM21) yang diusung partai Golkar, Demokrat dan Hanura.

Sementara, nomor urut 2 ada pasangan calon H. Askar HL-Arum Spink dengan tagline Bulukumba Asik, yang diusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), NasDem dan partai Gelora.

Kemudian pasangan calon nomor urut 3 Tomy Satria Yulianto-Andi Makassau (Kacamatayya) diusung partai PKB, PDI Perjuangan, PBB dan PSI.

Lalu pasangan calon nomor urut 4 Muchtar Ali Yusuf-Andi Edy Manaf (Harapan Baru) yang diusung partai Gerindra, PKS, PAN dan Berkarya. []

Berita terkait
Paslon Bulukumba Diminta Cabut Branding di Angkutan Umum
KPU kabupaten Bulukumba meminta empat Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bulukumba untuk mencabut branding di angkutan umum.
Nelayan yang Hilang di Laut Bulukumba Belum Ditemukan
Hingga pencarian hari ke empat pencarian nelayan yang hilang sejak Rabu 14 Oktober 2020 di laut Bulukumba belum juga ditemukan.
Pejabat di Bulukumba Jadi Tahanan Politik
Kepala Desa Bontobulaeng, Rais Abdul Salam menjadi tahanan politik di Kabupaten Bulukumba. Ini penyebabnya.
0
Pandemi, Kredit Bank Jatim ke UMKM Naik 12,24 Persen
Bank Jatim mencatat pertumbuhan penyaluran kredit untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebesar 12,24 persen menjadi Rp 6,46 triliun.