Deas Tagarians, Ini Dia Tips Jitu Mengusir Jerawat

Memencet jerawat justru akan memperparah atau membuat jerawat di wajah mengalami infeksi, bahkan meningkatkan risiko terjadinya bekas jerawat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Memahami jenis-jenis jerawat merupakan hal yang penting, agar Anda tidak salah mengambil langkah pengobatan. Jika jenis-jenis jerawat yang muncul di wajah Anda tergolong cukup parah, hentikan penggunaan obat jerawat yang dijual bebas di pasaran, dan jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kulit.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk mengusir jerawat dari wajah, di antaranya.


Menjaga kebersihan wajah

Menjaga kebersihan wajah dengan rutin mencuci wajah dengan air hangat dan sabun wajah yang berbahan lembut dan tidak iritatif. Lakukan hal ini sebanyak dua kali dalam sehari.


Pilih obat yang tepat.

Anda bisa memilih produk yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan mengandung sulfur, benzoil peroksida, asam salisilat, atau resorsinol. Yang pasti, sesuaikan dengan kondisi dan jenis kulit wajah.


Perhatikan pemilihan produk wajah

Pilih produk wajah yang mencantumkan non comedogenic (tidak menimbulkan komedo) atau menggunakan air sebagai kandungan utama.


Menggunakan sunscreen

Lindungi wajah Anda menggunakan sunscreen atau tabir surya. Namun, pastikan tabir surya yang Anda gunakan bebas minyak dan non comedogenic. Penggunaan sunscreen dapat meminimalisir jerawat yang meradang.


Jangan menyentuh wajah saat tangan kotor

Jangan biarkan tangan kotor Anda menyentuh wajah begitu saja, sebab hal ini dapat memperparah kondisi wajah. Perhatikan juga benda-benda yang menyentuh wajah, seperti sprei, masker wajah, atau telepon genggam.


Hindari memencet jerawat

Memencet jerawat justru akan memperparah atau membuat jerawat di wajah mengalami infeksi, bahkan meningkatkan risiko terjadinya bekas jerawat.

Itulah tips sederhana yang dapat anda lakukan dirumah. Selain tips diatas, yang harus anda perhatikan juga gaya hidup dan konsumsi makanan anda karena kedua hal tersebut sangat mempengaruhi proses mengatasi jerawat anda.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
4 Jenis Asam untuk Mengurangi Jerawat dan Bekasnya
Bekas jerawat adalah sesuatu yang tidak diinginkan karena mengganggu penampilan.
5 Tanda Kelebihan Karbohidrat dalam Tubuh, Salah Satunya Banyak Jerawat
Karbohidrat yang berlebih dalam tubuh bisa menjadi sesuatu yang cukup membahayakan.
Tips Menyamarkan Jerawat dengan Makeup
Berikut adalah tips menyamarkan jerawat dengan makeup yang dapat kamu lakukan.
0
Patung Dewa Hindu Asal Kamboja Dipamerkan di Amerika
Hampir 1.500 tahun lalu, sebuah patung monumental Dewa Krishna dalam agama Hindu diukirkan pada gunung suci Phnom Da di Kamboja selatan