UNTUK INDONESIA
De Ligt Resmi ke Juve, Liga Champions Jadi Target
Bek Matthijs de Ligt resmi bergabung dengan Juventus setelah lulus tes medis. Di Juve, De Ligt mendapat kontrak lima tahun.
Bek Matthijs de Ligt resmi bergabung dengan Juventus setelah lulus tes medis. Di Juve, De Ligt mendapat kontrak lima tahun. (Foto: juventus.com)

Jakarta - Juventus resmi merekrut bek Matthis de Ligt. Bergabungnya kapten Ajax Amsterdam ini sekaligus mengakhiri saga transfer pemain tersebut karena sebelumnya diincar klub-klub top Eropa.

Juve mengalahkan Barcelona yang sebelumnya berada di pole position untuk mendapatkan De Ligt. Tidak hanya Barca tetapi juga Manchester United, Paris Saint-Germain, Manchester City dan Liverpool yang tertarik memburu pemain berusia 19 ini. Perebutan pemain ini yang menjadikan rencana kepindahannya tidak menentu. 

Saat Barca tak mampu memenuhi permintaan gaji De Ligt, Man United yang kemudian bernafsu mendapatkannya. Namun tawaran The Red Devils ditolak De Ligt. Alasannya, Man United tak tampil di Liga Champions

Juve yang baru belakangan ikut bersaing justru terlihat paling serius dengan melakukan pendekatan secara intensif. Raksasa Serie A Italia ini dinilai memenuhi permintaan De Ligt dan Ajax sehingga mampu menyingkirkan klub-klub pesaingnya. 

De Ligt tiba di Turin dengan menggunakan pesawat pribadi untuk menjalani tes medis pada Kamis 18 Juli 2019. Setelah lulus tes, dirinya menandatangani kontrak yang berdurasi lima tahun. 

Juve mengumumkan perekrutan De Ligt melalui akun Twitter. Klub mengumumkannya dengan frasa yang menarik, 'Turn the Ligt on'

Dalam keterangan resmi, Juve mengeluarkan kocek 75 juta euro atau Rp 1,17 triliun untuk transfer De Ligt. Angka transfer itu bisa bertambah sampai 10 juta euro atau Rp 164,4 miliar.

"Klub sepak bola Juventus mengumumkan kesepakatan dengan klub sepak bola Ajax Amsterdam untuk mengakuisisi pemain Matthijs de Ligt dengan pembayaran 75 juta euro yang dibayarkan selama lima tahun finansial. Sedangkan biaya tambahan sebesar 10 juta euro (Rp 164,4 miliar)." Demikian penjelasan resmi klub. 

Dilanjutkannya, "Juventus dan pemain telah menandatangani kontrak lima tahun dan ikatan kontrak berakhir pada 30 Juni 2024." 

Kian Solid

Perekrutan De Ligt menjadikan pertahanan I Bianconeri kian solid. Dirinya akan bahu-membahu dengan duo bek senior Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini.

Selain itu, La Vecchia Signora merekrut dua bek tengah Merih Demiral dan Cristian Romero serta bek kiri Luca Pellegrini untuk memperkuat pertahanan. Juve juga mendapatkan dua pemain secara gratis, Aaron Ramsey dan Adrien Rabiot. Sedangkan pelatih Maurizio Sarri yang sebelumnya mengarsiteki Chelsea dipilih menggantikan Massimiliano Allegri

Perekrutan De Ligt menjadi bagian dari rencana besar Juve membidik Liga Champions. Musim lalu, langkah mereka terhenti di perempat final. Ironisnya tim yang menyingkirkan Juve tak lain Ajax yang dipimpin De Ligt. Kini, bek tim nasional Belanda ini diharapkan bisa membawa Juve meraih trofi kuping lebar. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Sepeda Motor Mogok, Jambret di Medan Dihajar Massa
Seorang pemuda di Medan, babak belur dihajar massa setelah tertangkap menjambret tas.