Indonesia
Capai Kesepakatan, De Ligt Segera ke Juventus
Bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt segera bergabung dengan Juventus. De Ligt sudah mencapai kesepakatan personal dengan Juve.
Bek tim nasional Belanda Matthijs de Ligt bakal meninggalkan Ajax Amsterdam untuk bergabung dengan Juventus. De Ligt sudah mencapai kesepakatan personal dengan Juve dan segera menandatangani kontrak. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Saga transfer bek Ajax Amsterdam Matthijs de Ligt segera berakhir. De Ligt bakal bergabung dengan Juventus setelah mencapai kesepakatan personal di antara kedua belah pihak. 

Juventus sesungguhnya menjadi klub yang baru belakangan ikut bersaing memperebutkan De Ligt. Sebelumnya, Barcelona yang berada di pole position untuk mendapatkan bek berusia 19 ini. Apalagi, Barca sudah mendapatkan Frenkie de Jong, sahabat karib De Ligt di Ajax maupun tim nasional Belanda. 

Saat itu, Barca bersaing dengan Manchester United. Hanya Man United segera ditolak De Ligt karena absen di Liga Champions. Target Pemain Terbaik Belanda ini saat meninggalkan Ajax tak lain peluang mendapatkan tempat di tim utama dan klub harus bermain di Liga Champions. Selanjutnya, dia berharap mendapat gaji tinggi. Permintaan terakhir dari De Ligt yang membuat Barca, Liverpool, dan Manchester City mundur teratur. 

Terakhir, Paris Saint-Germain dan Juve yang bersaing memperebutkan kapten Ajax ini. Kedua klub itu yang memenuhi persyaratan untuk merekrut De Ligt. Hanya, PSG gagal memboyong sang pemain karena terbentur peraturan di Prancis. 

Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol dengan teman-teman masa kecil. Di antara mereka malah mengenang kalau saya ingin menjadi Ronaldo saat kami bermain sepak bola di halaman rumah

Juve pun tanpa pesaing karena Barca sudah menyerah mendapatkan De Ligt. Menurut Sky Sport, Juve siap mengucurkan dana transfer sebesar 70 juta euro atau Rp 1,1 triliun. Dengan kontrak selama lima tahun untuk De Ligt, Juve memberikan gaji bersih 7 juta euro ditambah bonus sehingga jumlahnya mencapai 12 juta euro atau Rp 192 miliar setiap tahun. 

Gaji itu termasuk sangat besar bagi pemain muda. Pasalnya, dia sudah mengantongi gaji sekitar 200 ribu euro atau Rp 3,2 miliar setiap pekan. Gaji itu yang rata-rata diterima pemain bintang di klub-klub besar Eropa. 

Setelah tercapainya kesepakatan De Ligt dengan I Bianconeri, majalah olahraga top di Belanda, Voetbal International menerbitkan kembali pernyataan De Ligt sekitar satu bulan lalu. Saat itu dalam wawancara, De Ligt mengungkapkan ketertarikannya bergabung dengan Juve. 

Ketertarikan itu tidak terlepas dengan keberadaan sang bintang, Cristiano Ronaldo. Sebelumnya, Ronaldo pun pernah mengajak De Ligt untuk bergabung dengan La Vecchia Signora. Hal itu diungkapkan Ronaldo usai final Nations League saat Portugal mengalahkan Belanda dengan skor 1-0. 

"Beberapa waktu lalu saya sempat ngobrol dengan teman-teman masa kecil. Di antara mereka malah mengenang kalau saya ingin menjadi Ronaldo saat kami bermain sepak bola di halaman rumah," kata De Ligt kepada Voetbal International.

"Saat itu, seragam bola pertama yang saya miliki memang seragam Ronaldo," ujarnya. Tampaknya itu dianggap Voetbal International sebagai sinyal keinginan De Ligt menerima tawaran Juve. []

Baca juga: 

Berita terkait
0
Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Zulkifli Hasan: Boleh Saja
Rencana Presiden Jokowi yang akan memindahkan ibu kota Indonesia dari kota Jakarta ke Pulau Kalimantan 'direstui' Ketua MPR Zulkifli Hasan.