UNTUK INDONESIA
Dari Oh In-kyun Sampai Dave, Arema FC Borong Pemain
Arema FC melakukan perombakan skuat. Tidak kurang 13 pemain yang didatangkan Singo Edan, termasuk gelandang veteran Oh In-kyun.
Arema FC melakukan perombakan skuat. Tidak kurang 13 pemain yang didatangkan Singo Edan menghadapi kompetisi Liga 1 2020, termasuk gelandang veteran Oh In-kyun (tengah). (Foto: Tagar/Moh. Badar Risqullah)

Malang - Arema FC melakukan perombakan skuat. Tidak kurang 13 pemain yang didatangkan Arema FC untuk menghadapi Liga 1 musim 2020. Termasuk gelandang veteran Oh In-kyun yang sebelumnya memperkuat Persipura Jayapura. 

In-kyun termasuk salah satu dari 13 pemain yang diperkenalkan Arema FC. Gelandang asal Korea Selatan berusia 34 ini menjadi pemain asing pertama dan masih satu-satunya yang diperkenalkan tim. Sedangkan delapan pemain merupakan pemain lokal yang sebelumnya bermain di klub-klub lain dan empat pemain dari akademi Arema FC. 

Klub berjuluk Singo Edan itu memang masih menjadi daya tarik sehingga mampu memboyong deretan pemain yang bersinar di klub lama. Sebut saja striker Kushedya Hari Yudo yang menjadi andalan lini depan PSS Sleman

In-kyun dipastikan masuk dalam proyeksi Arema FC di Liga 1 2020. Dan itu juga sudah sesuai dengan apa yang diinginkan pelatih Gomez

PSS gagal mempertahankan pemain berusia 26 ini yang kemudian pindah ke Arema FC. Koleganya, Dave Mustaine juga ikut bergabung dengan juara Piala Presiden 2019 ini. 

Selain mereka ada Saiful Indra Cahya (27, PSIM Yogyakarta), Nurdiansyah (22, Borneo FC), Mariando Djonak Uropmabin (2, Semen Padang FC). Pemain lain yang sudah bergabung, Pandi Lestaluhu (22,Kalteng Putra), Ganjar Mukti Muhardiyana (25, PSIS Semarang) dan Taufik Hidayat (26, PSM Makassar). 

Kemudian, ada empat pemain muda yang merupakan jebolan akademi Arema FC. Di antaranya yaitu Andreas Fransisco (kiper, 18), Vikriyan Akbar Fathoni (gelandang, 19), Titan Agung Bagus Fawazi (gelandang, 19) dan Aji Saka (stopper, 19).

General Manager Arema FC, Ruddy Widodo mengatakan pihaknya tidak sembarangan saat merekrut pemain. Begitu pula saat memanfaatkan kuota empat pemain asing, Arema FC memilihnya secara cermat dan hati-hati.

Saat merekrut In-kyun yang sudah kepala tiga pun tidak asal melakukannya. Ruddy menuturkan bila kedatangan eks pemain Persela Lamongan ini atas pertimbangan pelatih Mario Gomez. 

"Pertimbangannya (merekrut In-kyun) karena pelatih Gomez sudah pernah bekerjasama dengan dia saat berada di Persib Bandung. Dia tahu kualitasnya. Sesuai pertimbangannya, kami merekrut dia," ujar Ruddy di Malang, Jumat 17 Januari 2020.

Ruddy mengakui ada keraguan dengan kemampuan In-kyun. Meski demikian dikatakannya bila gelandang yang mengawali karier di Indonesia dengan memperkuat PS Bengkulu ini dinilai menjadi opsi tepat bagi Singo Edan. Sebagai gelandang, dia bisa menjalankan tugas mendistribusikan bola dari lini tengah.

"In-kyun dipastikan masuk dalam proyeksi Arema FC di Liga 1 2020. Dan itu juga sudah sesuai dengan apa yang diinginkan pelatih Gomez," ujarnya.

Pelatih Gomez mengatakan bila perekrutan In-kyun memang sesuai dengan harapan dia dalam membentuk skuat anyar Arema FC. Dia juga menginginkan tiga pemain asing berikutnya benar-benar sesuai ekspetasi sehingga menambah kekuatan tim. 

"Saya sangat senang dengan kehadiran In-kyun. Tetapi, saya masih menunggu tiga pemain asing lain untuk tambahan kekuatan Arema. Pemain asing lain harus benar-benar sesuai akan kami datangkan lagi," ujar Gomez.

In-kyun bersama 12 pemain baru melengkapi skuat Arema FC. Sebelumnya, klub mempertahankan pemain lama, di antaranya Kartika Ajie, Andriyas Francisco, Johan Alfarizie, Hendro Siswanto, Dendi Santoso, M. Rafli, Jayus Hariono, Dedik Setiawan, Alfin Tuasalamony, Hanif Sjahbandi, Bagas Adi dan Ridwan Tawainella. []

Berita terkait
Fantastis, Denda Arema FC Capai Rp 1.175 Miliar
Arema FC dijatuhi denda sangat besar oleh Komisi Disiplin PSSI selama mengarungi Liga 1 2019. Denda yang dijatuhkan mencapai Rp 1.175 miliar.
Arema FC Bangkit Saat Kompetisi Akan Berakhir
Arema FC bangkit mengalahkan Bali United 3-2 di Shopee Liga 1 2019, Senin 16 Desember 2019. Arema FC bangkit saat liga menyisakan satu laga lagi.
Arema FC Vs Bali United, Ubah Komposisi Pemain
Arema FC dan Bali United kemungkinan menurunkan pemain berbeda dalam laga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Senin 16 Desember 2019.
0
Rekomendasi Makanan Baik Dikonsumsi Sebelum Berenang
Berenang salah satu olah raga yang mampu membantu menambah massa otot, tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan sebelumnya.