UNTUK INDONESIA
Dampak Buruk Tidur Saat Rambut Basah
Tidur dengan rambut basah kerap kali menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan orang. Berikut dampak buruk yang harus diwaspadai.
Lima Tips Mencegah Kulit Keriput Saat Tidur. (Foto: consumerhealthdigest)

Jakarta - Tidur dengan rambut basah kerap kali menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan orang. Padahal hal tersebut menimbulkan dampak buruk, sehingga harus diwaspadai. 

Kebiasaan tidur dalam kondisi rambut basah jangan dianggap sepele karena ini akan menyebabkan masalah kesehatan. Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai dampak buruk tidur saat rambut basah. 

1. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi kulit kepala bukan hanya karena disebabkan oleh sampo yang dipakai. Tetapi bisa saja bisa dikarenakan akibat bantal sebagai tempat bersarang bakteri yang berasal dari debu, kotoran, hingga keringat. 

Ketika Anda tidur dalam kondisi rambut basah, justru akan menjadi tempat yang terbaik untuk bakteri bertumbuh karena bakteri menyukai lingkungan lembap dan hangat. Jika kebiasaan itu selalu terulang, tentu akan meningkatkan risiko infeksi kulit kepala. 

Jadi disarankan setelah keramas, usahakan keringkan rambut terlebih dahulu sebelum akhirnya Anda tidur. Cara ini dilakukan untuk menghindari risiko tersebut. 

2. Sakit Kepala

Bila Anda tidur dengan rambut basah, pastinya risiko sakit kepala bisa saja terjadi. Hal itu disebabkan karena suhu kepala dingin, sehingga suhu tubuh Anda tidak bisa menyesuaikan. Sebab, suhu tubuh Anda masih hangat setelah menjalankan berbagai aktivitas seharian. 

Apalagi bila Anda tertidur dengan rambut yang masih terbungkus dengan handuk. Hal itu bisa menimbulkan sakit kepala karena sirkulasi darah di kulit kepala terganggu. Jika masalah ini terjadi, justru akan mengganggu tidur Anda. 

3. Rambut Keriting dan Rusak

Memang tidur dengan rambut basah tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius. Tetapi bisa mempengaruhi keindahan rambut Anda, karena secara tidak langsung rambut bisa keriting akibat gesekan dari sarung bantal. 

Akibat tidur dengan rambut basah, pori-pori kulit kepala melemah. Kondisi ini akan berdampak pada kerontokan dan akhirnya rambut akan rusak. 

4. Flu

Kebiasaan tidur dengan rambut basah di ruangan yang dingin bisa berdampak pada masalah kesehatan seperti flu. Seperti yang dilansir dari New Health Advisor, sebuah penelitian menyebutkan suhu tubuh bila terkena udara dingin akan membuat sistem pembuluh darah di tenggorokan dan hidung menyempit.

Akibatnya, sel darah putih melemah sehingga daya tahan tubuh melemah. Kondisi inilah yang menyebabkan flu mudah sekali hinggap di tubuh seseorang. Jadi, Anda disarankan jangan tidur dalam kondisi rambut basah agar masalah kesehatan ini tidak terjadi. []

Baca juga:

Berita terkait
7 Manfaat Madu untuk Perawatan Rambut Sehat Berkilau
Madu bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut agar tampak cantik dan berkilau. Berikut penjelasannya.
Cara Sederhana Merawat Rambut Keriting
Anda berambut keriting? Ini cara merawat mahkota kepala Anda sehingga tetap sehat dan menarik.
Tips Teknik Catok Tanpa Merusak Rambut Sehat
Memakai catokan rambut seakan menjadi tren dalam dunia kecantikan. Tak hanya rambut yang keriting atau ikal.
0
Dampak Buruk Tidur Saat Rambut Basah
Tidur dengan rambut basah kerap kali menjadi suatu kebiasaan yang sering dilakukan kebanyakan orang. Berikut dampak buruk yang harus diwaspadai.