UNTUK INDONESIA
7 Manfaat Madu untuk Perawatan Rambut Sehat Berkilau
Madu bisa digunakan sebagai bahan perawatan rambut agar tampak cantik dan berkilau. Berikut penjelasannya.
ilustrasi madu. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Madu kerap kali digunakan sebagai bahan untuk perawatan kecantikan salah satunya rambut. Ini karena madu kaya akan nutrisi seperti vitamin, protein, hingga antioksidan, sehingga sangat ampuh mencegah kerusakan rambut. 

Cobalah gunakan madu khususnya yang organik agar mendapatkan hasil yang optimal, sebab kandungan molekul antioksidan yang disimpannya lebih tinggi. Sehingga, rambut tampak lebih indah dan tentunya kesehatannya tetap terjaga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah manfaat madu untuk rambut.

1. Mengatasi Rambut Rontok

Bagi yang kerap mengalami rambut rontok, sebenarnya kondisi tersebut normal terjadi sebagai bagian dari siklus pertumbuhan alaminya. Namun, jika merasa rambut rontok lebih banyak dari biasanya, cobalah mengaplikasikan madu sebagai masker.

Masker madu mampu memperbaiki sel-sel rambut rusak yang menjadi penyebab kerontokan dan gampang patah. Caranya, campurkan tiga sendok makan madu dengan dua sendok makan air, lalu aplikasikan ke rambut. Selanjutnya, diamkan kurang lebih selama satu jam dan terakhir bilas rambut dengan air bersih.

2. Melembutkan Rambut

Madu juga bermanfaat untuk membantu melembutkan rambut, bahkan bahan alami ini disebut baik untuk campuran conditioner. Sebab, antioksidan, vitamin, dan mineral yang  ada di dalam mampu mampu membuat rambut terlihat lembut dan mudah diatur.

Kandungan mineral dan vitamin pada madu juga disebut berkhasiat mencegah rambut patah dan kering. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mencoba gunakan masker madu atau dicampur dengan minyak kelapa agar hasilnya tampak maksimal.

3. Membuat Rambut Berkilau

Madu berperan sebagai emolien sekaligus humektan. Sehingga, dapat membuat rambut menjadi berkilau karena fungsinya bisa melembapkan kondisi rambut. 

Sifat emolien madu membantu melembutkan folikel rambut yang membuatnya tampak lebih berkilau. Sedangkan, sifat humektan bisa mengikat molekul air pada rambut sehingga mencegah rambut menjadi kering dan kusam.

4. Mengatasi Peradangan di Kulit Kepala

Tidak hanya kulit di bagian lain yang bisa mengalami peradangan. Tetapi, kulit kepala juga terkadang bisa meradang sehingga bisa memicu psoriasis dan eksim. Untuk mengatasinya, cobalah gunakan madu karena memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan yang ampuh mengatasi peradangan di kulit kepala.

5. Menjaga Rambut Selalu Bersih

Menggunakan madu untuk perawatan rambut bisa membuat kulit kepala Anda terbebas dari bakteri serta kuman penyebab penyakit. Sebab, bakteri dan kuman yang ada di kulit kepala bisa menyebabkan infeksi yang akhirnya membuat rambut menjadi mudah rontok, kulit kepala iritasi, hingga timbul rasa gatal.

Untuk mengatasi permasalahan rambut tersebut, Anda bisa menggunakan madu yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya sebagai masker rambut. Beberapa bahan alami yang bisa dikombinasikan dengan madu, seperti jeruk lemon dan yogurt agar efektif untuk membasmi bakteri.

6. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Dalam proses perawatan rambut, kesehatan kulit kepala menjadi kunci utama. Terkadang, kulit kepala menjadi kotor lantaran terdapat banyak minyak, residu, atau sampah dari produk perawatan rambut yang memuatnya tidak sehat.

Anda bisa menjaga kesehatan kulit kepala dengan memanfaatkan madu. Bahan alami ini bisa meredakan masalah di kulit seperti kotembe dan sebagainya. Selain itu, efek melembapkan dari madu juga berlaku untuk kulit kepala.

7. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Madu dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut. Dalam sebuah tinjauan dalam Jundishapur Journal of Natural Pharmaceutical Products menyebutkan madu bisa menstimulasi pertumbuhan sel epitel kulit.

Sifat madu tersebut dikaitkan dengan jaringan rambut lantaran sel epitel akan memproduksi folikel dan saluran yang penting untuk pertumbuhan rambut nantinya.

Baca Juga:

Berita terkait
Manfaat Mentega untuk Mempercantik Diri
Selain digunakan sebagai bahan makanan, mentega ternyata bermanfaat untuk mempercantik diri. Berikut sejumlah khasiat mentega yang menakjubkan.
Manfaat Baking Soda untuk Kulit Wajah
Baking soda memiliki beragam manfaat dalam merawat wajah agar tampak lebih cantik dan berikilau. Berikut ini penjelasannya.
Manfaat Kentang untuk Kecantikan Wajah
Kentang menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai alat mempercantik diri. Berbagai permasalahan kulit bisa diatasi dengan kentang.
0
Perhatian! Puncak Bogor Berlakukan Contraflow saat Libur Panjang
Mengantisipasi membludaknya jalur menuju Puncak Bogor, polisi akan menerapkan contraflow saat libur panjang.