UNTUK INDONESIA
Daftar Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat
Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang. Berikut makanan penyebab jerawat yang harus dihindari.
Ilustrasi Cokelat. (Foto: Pixabay/putalittlemustardonit)

Jakarta - Jerawat tentu menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang, baik pria atau wanita. Namun harus diketahui, faktor makanan bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Mungkin ada beberapa makanan favorit Anda yang justru bisa meningkatkan kadar hormon, jika dikonsumsi berlebihan setiap harinya. Alasan inilah yang bisa menjadi penyebab jerawat terus meradang di kulit wajah. 

Berikut Tagar rangkum dari berbagai sumber mengenai sejumlah makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

1. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Ilustrasi Permen dan JellyIlustrasi Permen dan Jelly. (Foto: Pixabay/Daria-Yakovleva)

Terlalu banyak konsumsi gula yang mengandung karbohidrat bisa berisiko pada timbulnya jerawat. Makanan itu seperti:

  • Roti putih
  • Sereal instan
  • Permen
  • Soda
  • Minuman kemasan
  • Nasi putih dan sebagainya

Makanan yang memiliki kandungan karbohidrat olahan dan gula tergolong tinggi glikemik. Hal ini nantinya akan mempengaruhi kadar hormon yang dapat meningkatkan produksi minyak di kulit. 

Bila minyak di kulit sudah berlebihan bisa berakibat pada timbulnya jerawat. Jadi, sebaiknya Anda mengurangi asupan makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula untuk mencegah munculnya jerawat. 

2. Cokelat

Ilustrasi CokelatIlustrasi Cokelat. (Foto: Pixabay/putalittlemustardonit)

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Dermatology menyebutkan jerawat tumbuh semakin banyak setelah dua minggu konsumsi dark chocolate setiap hari.

Penelitian lain juga menemukan laki-laki yang diberi bubuk kakao setiap hari selama seminggu, jerawatnya justru tumbuh lebih banyak. Meski hal ini belum diketahui secara pasti, ada baiknya Anda mulai mengurangi konsumsi cokelat karena dapat meningkatkan reaksi kekebalan tubuh terhadap bakteri jerawat. 

3. Susu, Keju, Es Krim

Ilustrasi KejuIlustrasi Keju. (Foto: Pixabay/JillWellington)

Ketiga makanan ini juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Jika ini tidak dihindari justru akan memperparah kondisinya. Dari penelitian Journal of The European Academy Of Dermatology And Venereology menemukan orang yang gemar konsumsi makanan ini memiliki risiko lebih besar mengalami jerawat. 

Meski begitu, penelitian ini perlu ditindaklanjuti untuk mengetahui batasan konsumsi makanan olahan susu yang dapat memperburuk jerawat.

4. Makanan Mengandung Lemak Trans

Ilustrasi Keripik KentangIlustrasi Keripik. (Foto: Pixabay/avantrend)

Makanan mengandung lemak trans seperti keripik, kue, mentega, dan sebagainya bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Selain berdampak pada permasalahan kulit, nyatanya lemak trans bisa menyumbat pembuluh darah arteri di jantung. 

Menghindari hal tersebut, Anda sebaiknya mulai mengurangi makanan olahan dan kemasan yang menjadi sumber penghasil lemak trans. Sekarang mulailah beralih kepada makanan yang memiliki kandungan lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, kacang kenari, dan sebagainya.

Inilah beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Mulai sekarang hindarilah konsumsi makanan ini secara berlebihan agar jerawat tidak meradang di kulit wajah Anda. []

Baca juga:

Berita terkait
Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat di Punggung
Jerawat di punggung tidak boleh diabaikan dan perlu diatasi dengan sebaiknya-baiknya. Berikut penyebab dan cara hilangkan persoalan kulit tersebut.
Makanan Penyebab Bau Badan yang Harus Diketahui
Bau badan bisa mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Untuk itu hindari makanan penyebab bau badan tersebut. Berikut ulasannya.
Makanan Sehat Ampuh Bikin Wajah Awet muda
Makanan sehat seperti buah dan sayuran dipercaya mampu membuat wajah awet muda. Berikut jenis makanan sehat yang sangat ampuh membuat awet muda.
0
Daftar Makanan yang Bisa Menyebabkan Jerawat
Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang. Berikut makanan penyebab jerawat yang harus dihindari.