Medan - Enam Belas Partai Politik berlomba untuk memperoleh suara terbanyak di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) pada Pileg 2019. Hasil rekapitulasi KPU Kota Medan dengan total 1.119.299 suara menyebutkan PDI Perjuangan meraup suara terbanyak, sedangkan PKB berada di urutan paling bawah.

"Rekapitulasi penghitungan suara tingkat Kota Medan sudah kita selesaikan, dibacakan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi bersama dengan KPU Sumut, tinggal menunggu ada atau tidaknya gugatan dari partai," ujar Ketua KPU Kota Medan Agussyah R Damanik kepada awak media di Kantor KPU Kota Medan, Jalan Kejaksaan nomor 37, Medan, Sumut pada 15 Mei 2019.

Dari total caleg Kota Medan melenggang ke DPRD Kota Medan terpilih periode 2019-2024, hasilnya PDI Perjuangan mendapatkan jatah 10 kursi, 10 kursi untuk Partai Gerindra, 7 PKS, 6 PAN, 5 Nasdem, 4 Golkar, 3 Demokrat, 2 PSI, 2 Hanura dan 1 PPP.

Dari jatah 8 kursi di daerah pemilihan (dapil) I Medan, PDIP yang memperoleh 44.064 suara diprediksi menjangkau 2 kursi yang ditempati Edward Hutabarat dan Robi Barus. Disusul PKS yang memperoleh 2 kursi digadang-gadang ditempati Rajudin Sagala dan Rudiawan Sitorus dengan raihan suara 29.978.

Kemudian secara berturut-turut Partai Gerindra dengan 20.636 suara mendapatkan 1 kursi yang diduduki Dame Duma Sari Hutagalung, 1 kursi untuk PSI ditempati Renvelli Pandapotan Napitupulu, 1 kursi untuk PAN diduduki Abdul Rahman, dan 1 kursi untuk Partai Nasdem ditempati Antonius Devolis Tumanggor.

Sementara jatah 12 kursi di dapil II Medan, Partai Gerindra mendapatkan 3 kursi dengan ditempati Aulia Rachman, Surianto Butong dan Siti Suciati dengan perolehan suara 53.065. Selanjutnya di posisi kedua PAN, dengan raihan 31.591 suara mendapatkan 2 kursi diduduki HT Bahrumsyah dan Sudari.

Selanjutnya PDIP dengan perolehan suara 31.051 mendapatkan 1 kursi ditempati Margaret MS, kemudian PKS 85.811 suara dengan 1 kursi untuk Abdul Latif Lubis, Nasdem dengan 20.684 suara mendapatkan 1 kursi atas nama T Edriansyah Rendy, Golkar 1 kursi ditempati Mulia Asri Rambe, Demokrat 1 kursi diduduki Ishaq Abrar M Tarigan, Hanura 1 kursi ditempati Janses Simbolon, dan Demokrat 1 kursi diduduki Ishaq Abrar M Tarigan.

Sedangkan jatah 8 kursi di dapil III Medan dikuasai PDIP dengan raihan 35.352 suara mendapatkan jatah kursi 2 untuk Paul Mei Anton Simanjuntak dan Wong Chun Sen. Disusul Partai Gerindra 31.741 suara memperoleh 2 kursi untuk Sahat B Simbolon dan Netty Yuniati Siregar.

Lantas berturut-turut mendapat jatah 1 kursi, Partai Golkar ditempati Modesta Marpaung, PAN diduduki Edwin Sugesti Nasution, PKS ditempati Irwansyah, dan Demokrat diduduki Parlindungan Sipahutar.

Di dapil IV Medan terdapat jatah 10 kursi. Suara terbanyak dicapai PDIP dengan total 52.455 suara mendapatkan 2 kursi ditempati Hasyim SE dan David Roni G Sinaga, lalu Partai Gerindra dengan 38.170 suara yang diduduki H Ihwan Ritonga dan Dedy Aksyari Nasution.

Secara berturut-turut mendapatkan 1 kursi, PKS ditempati Rudiyanto, PAN diduduki Edi Saputra, Partai Golkar ditempati M Rizki Nugraha, Hanura diduduki Hendra DS, Partai Demokrat ditempati Dodi Robert Simangunsong, dan NasDem diduduki Afif Abdillah.

Untuk dapil Medan V mendapat jatah 12 kursi, dikuasai PDIP dengan 54.292 suara mendapatan 3 kursi ditempati Daniel Pinem, Johannes Haratua HTG dan Hendri Duin. Disusul Partai Gerindra mendapatkan 34.558 suara dengan jatah 2 kursi yaitu Suranta Meliala dan Mulia Syaputra Nasution.

Seterusnya PKS mendapat 2 kursi ditempati Dhiyaul Hayati dan Syaiful Ramadhan, Partai Golkar meraih 1 kursi ditempati Muhammad Afri Rizky, PAN mendapatkan 1 kursi diduduki Sukamto, NasDem memperoleh 1 kursi diduduki Habiburrahman Sinuraya, PSI ditempati Erwin Siahaan, dan Demokrat ditempati Burhanuddin Sitepu.

Baca juga: