Daftar Kerusakan Demo di Jakarta, Busway Rugi Rp 45 Miliar

Akibat demo di Jakarta prasarana dan fasilitas umum mengalami kerusakan. Bahkan, jumlah kerugian yang dialami PT Transjakarta mencapai Rp 45 miliar
Ilustrasi demonstrasi rusuh di Amerika. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Aksi anarkis unjuk rasa di Jakarta menyebabkan sejumlah prasarana dan fasilitas umum mengalami kerusakan. Bahkan, jumlah kerugian yang dialami PT Transjakarta akibat insiden itu diperkirakan mencapai Rp 45 miliar. 

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta (Transjakarta), Nadia Diposanjoyo mengungkapkan, pihaknya mencatat sebanyak 18 halte bus dirusak dan dibakar.

Baca juga: Jurnalis Dianiaya, Alat kerja Dirampas Saat Meliput Demo

Nadia mengaku, pihaknya juga masih menghitung total kerugian yang terjadi dan akan segera melakukan perbaikan terhadap halte-halte yang dirusak maupun dibakar. 

"Hingga pukul 20.30 WIB baru diketahui sebanyak 18 halte Transjakarta rusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Selain membakar, massa juga merusak halte serta fasilitas di beberapa halte Transjakarta lainnya," kata Nadia dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 8 Oktober 2020 malam.

Menurut Nadia, api mulai terlihat sekitar pukul 17.07 WIB. Namun, dia menuturkan, sebelum api berkobar, seluruh layanan operasional Transjakarta telah dihentikan sejak pukul 16.30 WIB.

"Semua petugas dan pelanggan kami yang berada di lokasi juga sudah berhasil dievakuasi dengan selamat dan tidak ada korban jiwa," ungkap Nadia.

Katanya lagi, layanan operasional Transjakarta pada Jumat, 8 Oktober 2020, masih menunggu perkembangan situasi dan kondisi di lapangan. 

Sementara itu Gubernur DKI JakartaAnies Baswedan yang turun ke lapangan menemui demonstran memastikan pihaknya akan segera memperbaiki seluruh fasilitas umum yang rusak. Sehingga, masyarakat dapat kembali beraktivitas dan menggunakan fasilitas umum tersebut.

"Kalau halte yang terbakar tentu tidak bisa selesai malam ini. Tentu perlu waktu untuk recovery. Jadi untuk halte-halte nanti malam ini akan diukur seberapa besar kerusakannya, yang rusak total nanti akan disiapkan halte sementara dan yang rusaknya minor nanti bisa diperbaiki segera dan bisa digunakan," ungkap Anies dilansir Republika.

Dia menambahkan, seluruh biaya perbaikan fasilitas umum itu akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Anies menuturkan, biaya yang digunakan untuk perbaikan seluruh fasilitas umum itu diperkirakan mencapai Rp 25 miliar.

"Ya DKI yang akan membiayai, sudah diprediksi, tadi sudah dihitung sekitar Rp 25 miliar," ucapnya.

Berikut rincian data halte Transjakarta yang menjadi sasaran para demonstran:

Halte yang dibakar:

1.Bundaran Hotel Indonesia (Kor 1)

2.Sarinah (Kor 1)

3.Tosari Baru (Kor 1)

4.Tosari Lama (Kor 1)

5.Karet Sudirman (Kor 1)

6.Sentral Senen (Kor 5)

7.Senen arah Pulo Gadung (Kor 2)

8.Senen arah Harmoni Central Busway (Kor 2)

Halte yang dirusak

1.Harmoni Central Busway (Kor 1)

2.Bank Indonesia (Kor 1)

3.Gambir 1 (Kor 2)

4.Sumber Waras (Kor 3)

5.Grogol 1 (Kor 3)

6.Dukuh Atas 1 (Kor 1)

7.Petojo (Kor 8)

8.Benhil (Kor 1)

9.RS Tarakan (Kor 8)

10.Kwitang (Kor 2)

Berita terkait
Jurnalis Dianiaya, Alat Kerja Dirampas Saat Meliput Demo
Jurnalis suara.com, Peter Rotti, mengalami kekerasan dari aparat kepolisian saat meliput aksi unjuk rasa penolakan Omnibus Law di Jakarta.
Lampung Berdarah, 26 Orang Terluka Menolak UU Cipta Kerja
Penolakan UU Cipta Kerja di depan Gedung DPRD Lampung berujung ricuh. Sedikitnya 26 orang mengalami luka-luka akibat bentrokan, Rabu 7 Oktober 2020
Rusak Mobil Tahanan Polisi, 14 Remaja Ditangkap di Jakarta
Sedikitnya 14 remaja diamankan karena diduga melakukan pengrusakan mobil tahanan polisi di kawasan Pejompongan, Jakarta Pusat, Rabu, 7 Oktober 2020
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.