UNTUK INDONESIA
Covid-19 Sumut: Medan Tambah 74, Deli Serdang 7
Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Utara menyoroti kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.
Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid 19 Sumatera Utara, dr Whiko Irwan. (Foto: Tagar/Istimewa)

Medan - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mencatat pertambahan sebanyak 122 orang kasus Covid-19. Dari total tersebut, Kota Medan menjadi penyumbang terbanyak yakni 74 orang.

Juru bicara Percepatan Penanganan Covid 19 Sumatera Utara, dr Whiko Irwan mengatakan penambahan kasus Covid-19 akibat kesadaran masyarakat Sumut, khususnya Medan menerapkan protokol kesehatan seperti melakukan physical distancing dan mengenakan masker.

Orang dinyatakan sembuh bila hasil Swab negatif sebanyak dua kali berturut-turut dan tanpa gejala.

"Dari Kota Medan bertambah 74 orang, kemudian disusul oleh Kabupaten Deli Serdang 7 orang dan Kota Sibolga empat orang. Totalnya meningkat 122 orang, awalnya 2.085 dan data terbaru menjadi 2.197 orang. Mereka telah dirawat di rumah sakit," ujar dr Whiko, Jumat, 10 Juli 2020.

Whiko mengatakan pasien telah dinyatakan sembuh juga mengalami peningkatan sebanyak 12 orang. Dari total 12 pasien sembuh tersebut diantaranya Kota Medan tujuh orang, dua di Padang Sidempuan dan Deli Serdang, serta satu di Kabupaten Langkat.

"Orang dinyatakan sembuh bila hasil Swab negatif sebanyak dua kali berturut-turut dan tanpa gejala. Total awalnya 514 dan data terbaru menjadi 526. Mereka sudah diperbolehkan untuk pulang, kita berharap agar semakin banyak pasien yang sembuh," ucap Whiko.

Untuk pasien meninggal dunia bertambah satu orang sehingga menjadi 116. Pasien meninggal dunia tersebut telah dikebumikan secara protokol telah diterapkan Kementerian Kesehatan. Terakhir, pasien status dalam pengawasan (PDP) bertambah delapan orang, awalnya 252 menjadi 260. Mereka telah diisolasi di rumah sakit rujukan Covid 19.

"Agar tingkat penyebaran tidak semakin meluas. Ayo kita bersama sama menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, social distancing dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir," tuturnya.

"Kasihanilah orang-orang tua kita sudah lanjut usia, saudara-saudara kita atau anak-anak kita yang rentan terhadap Covid-19. Jika kita tidak terapkan protokol kesehatan, akan memberikan dampak buruk bagi mereka. Disiplin dan bersabarlah dalam melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” ucapnya. []

Berita terkait
Sumut Nomor 5 Penyumbang Angka Kematian Ibu Hamil
Ibu hamil masuk ke dalam kelompok rentan infeksi Covid-19, selain orang lanjut usia dan orang dengan penyakit penyerta.
Bupati Labuhanbatu Dilaporkan ke Polda Sumut
Bupati Labuhanbatu dilaporkan ke Polda Sumut buntut pemecatan Sekretaris Daerah Muhammad Yusuf Siagian.
Hinca: Usut Penyiksaan Saksi Pembunuhan di Sumut
Anggota DPR RI Hinca Pandjaitan meminta Kapolri mengusut kekerasan fisik yang dialami seorang saksi pembunuhan di Deli Serdang, Sumut.
0
Covid-19 Sumut: Medan Tambah 74, Deli Serdang 7
Gugus Tugas Covid-19 Sumatera Utara menyoroti kesadaran warga untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.