Covid-19 Melonjak, Viral Video Warga Rebutan Susu Beruang

Dalam awal video tersebut, dua karyawan swalayan berbaju biru berkerah merah berdiri menunggu toko dibuka.Tak lama kemudian warga merangsek masuk.
Viral warga rebutan susu beruang di sebuah pasar swalayan. (Foto: Tagar/Twitter)

Jakarta - Video berdurasi 29 detik menjadi trending di sosial media Twitter dan Instagram lantaran terlihat jelas warga melakukan panic buying susu beruang di salah satu pasar swalayan pada Sabtu, 3 Juli 2021.

Bila di tahun 2020 lalu, masyarakat  panic buying masker dan handsanitizer, namun sekarang masyarakat memburu susu beruang yang dipercaya mampu meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari virus Covid-19. 

Panic buying yang dilakukan masyarakat diduga karena pemerintah mulai menetapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali. Masih belum diketahui pastinya, lokasi kejadian panic buying susu beruang tersebut.

Dalam awal video tersebut, dua karyawan swalayan berbaju biru berkerah merah berdiri menunggu toko dibuka. Tidak lama kemudian, warga masuk secara berbondong dengan membawa troli dan berlari ke arah susu beruang. “Gua kabur ah”, ujar salah satu karyawan dalam video tersebut.

Aksi rebutan susu beruang berlangsung dan terlihat adanya insiden yang terjadi ketika seorang pria menggunakan celana pendek orange, mendorong troli milik pria berkaos putih abu-abu hingga jatuh.

Sampai pada berita ini dibuat, kejadian panic buying susu beruang ini sudah dilihat sebanyak 777 ribu akun di twitter dan 5,4 juta tayangan di iInstagram.

Video tersebut diunggah oleh seorang pemilik akun Twitter, Eza Hasani pada akun twitter @ezash pada Sabtu 3 Juli 2021 pukul 13.54 Wib. Twitter tersebut berhasil dengan 9.405 retweet, 11,3 ribu akun menyukai Pada instagram, video tersebut diposting akun @lambe_turah dan dibanjiri oleh komentar-komentar para netijen.

“Buat apa sih ngeroyok bear brand??? Lu mau minum bear brand 1 kontainer kalo kelayapan mulu, gak pake masker, gak hidup sehat ya bakalan ketularan. Bear brand itu sama aja kaya susu steril biasa”, ujar salah satu pemilik akun instagram @espresso_late.

Lalu, pemilik akun twitter @cherrycolada2 menjelaskan jika warga salah paham mengenai pemilihan susu yang tepat untuk menghadapi pandemi Covid-19. "Gue pas covid dirawat sama dokter paru dan justru kata dia paling bagus susu almond atau kedelai buat penyembuhan covid. Untung aja jarang yang mengetahui, jadi di supermarket masih banyak bgt dah stock-nya," tulisnya.

Baca Juga: Kasus Baru Covid-19 Diperkirakan Naik Meskipun Ada PPKM Darurat


(Christina Butar-butar)

Berita terkait
Menaker Minta Perusahaan dan Pekerja Patuhi PPKM Darurat
Menaker Ida Fauziyah meminta manajemen perusahaan dan pekerja/buruh untuk mematuhi kebijakan pemerintah tentang PPKM Darurat
Dampak PPKM Mungkin Tak Signifikan Jika Penegakan Tidak Tegas
Apa pun nama program pengetatan yang diambil pemerintah, hal yang paling penting adalah konsistensi dalam penegakan aturan
Pengetatan Perjalanan Transportasi Umum di Masa PPKM Darurat
Kemenhub terbitkan aturan berupa pengetatan perjalanan dengan transportasi umum di masa PPKM Darurat Jawa dan Bali
0
Covid-19 Melonjak, Viral Video Warga Rebutan Susu Beruang
Dalam awal video tersebut, dua karyawan swalayan berbaju biru berkerah merah berdiri menunggu toko dibuka.Tak lama kemudian warga merangsek masuk.