UNTUK INDONESIA
COVID-19, Erick Thohir Minta BUMN Pangan-Pupuk Siaga
Menteri BUMN Erick Thohir menginstruksikan BUMN pangan untuk menjaga stok dan distribusi seusai virus corona menjangkit dua WNI.
Pekerja membersihkan lantai gudang baru di Gudang Bulog Baru Cisaranten Kidul Sub Divre Bandung, Jawa Barat, Selasa, 3 Maret 2020. (Foto: Antara/Raisan Al Farisi/pd)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menginstruksikan BUMN pangan untuk menjaga stok dan distribusi seusai pengumuman resmi dua warga negara Indonesia (WNI) terinfeksi virus corona atau COVID-19.

"BUMN pangan, agar mempertahankan ketersediaan stok pangan dan bahan pokok," ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa, 3 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, Erick juga memerintahkan agar BUMN pupuk menjaga stok dan distribusi pupuk. "BUMN Pupuk, agar menjaga ketersediaan stok dan penyalurannya kepada para petani," kata dia.

Perintah Menteri BUMN tersebut tertuang dalam Surat Edaran Nokor SE-1/MBU/03/2020 Tentang Kewaspadaan terhadap Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dan diterbitkan Selasa, Maret 2020.

Seusai mengumumkan kasus pertama COVID-19 menimpa dua WNI yang tinggal di Depok, Jawa Barat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan menjamin kebutuhan pokok dan obat-obatan untuk memenuhi permintaan domestik dan dalam negeri. 

Pasalnya, masyarakat memborong kebutuhan pokok harian (panic buying) di berbagai gerai swalayan Tanah Air saat mendengar virus corona masuk ke Indonesia.  Ketua Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aperindo) Roy N. Manday mengatakan pihaknya mengimbau masyarakat agar tidak fobia berbelanja kebutuhan pokok secara besar-besaran di toko-toko ritel modern.

"Kami berkeyakinan bahwa tindakan yang over atau berlebihan ini justru membuat kepanikan baru lainnya yang tidak perlu terjadi, disaat sebenarnya seluruh kebutuhan masyarakat tetap dapat terpenuhi dan tercukupi dengan baik,” ujar Roy N. Manday kepada Tagar di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020.

Di samping itu, pihaknya pun selalu siap untuk hadir dalam memenuhi kebutuhan pangan maupun nonpangan, bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Saat ini, kata Roy beberapa hal penting yang bisa dilakukan masyarakat luas adalah senantiasa memastikan kesehatan diri dan tidak mudah terpengaruh oleh kabar yang belum tentu kebenarannya. []

Berita terkait
COVID-19, Railink Sediakan Hand Sanitizer di Stasiun
PT Railink menyiapkan gel pembersih tangan di seluruh stasiun Kereta Api Bandara untuk mencegah potensi penyebaran virus corona.
Cegah Virus Corona, MUI Promosikan Obat Herbal
MUI mempromosikan obat herbal sebagai bagian pencegahan terhadap virus corona di Tanah Air.
Corona Buat Harga Masker Melonjak, Permainan Kartel?
KPPU mengungkapkan harga masker yang kini melambung di pasaran, seusai temuan pertama kasus virus corona atau COVID-19 di Indonesia.
0
Syarat Dapat Subsidi Bunga Kredit 6% dalam 6 Bulan
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan tidak semua kreditur otomatis mendapat subsidi bunga kredit selama enam bulan.