UNTUK INDONESIA
Covid-19, AP II Perluas Area Penyemprotan di Bandara
Angkasa Pura II memperluas area penyemprotan cairan disinfektan dalam mencegah penyebaran virus corona Covid-19.
Ruang tunggu di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) yang sudah dilakukan pembatasan sosial. (Foto: Tagar/Selly)

Jakarta – PT Angkasa Pura II (Persero) memperluas area penyemprotan cairan disinfektan di bandara dalam mencegah penyebaran virus corona Covid-19. "Selain menambah titik untuk mencuci tangan, bandara-bandara Angkasa Pura II juga memperluas area penyemprotan," kata Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulis, Kamis, 26 Maret 2020.

Sebelumnya penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area terminal penumpang pesawat, area publik, lalu ke bagasi penumpang. Mulai sekarang penyemprotan juga dilakukan di sisi udara (airside).

Baca Juga: Mau Tahu Info Corona, Kontak AP II di Nomor 138

"Penyebaran COVID-19 tengah menjadi tantangan global, dan sudah sejatinya kesehatan adalah prioritas bagi kita semua," tutur Awaluddin.

Menurut Awaluddin, penyemprotan dilakukan dengan jet sprayer dan menggunakan cairan disinfektan dengan kandungan bahan aktif hydrogen peroxida. “Kami berharap airside dapat steril dari virus, sebagaimana upaya yang telah kami jalani untuk mensterilisasi area terminal penumpang pesawat, area perkantoran, dan area publik lainnya,” ujarnya.

Perbanyak titik pencucian tangan

AP II juga menyediakan lebih banyak titik mencuci tangan di area publik, di bandara-bandara yang dikelola perseroan. Penambahan tempat cuci tangan yang dilengkapi sabun cuci tangan itu antara lain dilakukan di area parkir kendaraan bermotor, area penjemputan, area tunggu pengunjung bandara, area dekat dengan titik pengambilan baggage trolley, dan area-area publik lainnya.

Adapun tempat cuci tangan yang baru tersebut melengkapi tempat cuci tangan yang sudah ada di seluruh toilet di bandara, baik yang ada di area publik atau di terminal penumpang pesawat. Di samping itu, di dalam area terminal penumpang pesawat juga disediakan banyak titik hand sanitizer bagi para traveler atau pengunjung bandara.

Anjuran mencuci tangan sesering mungkin diharapkan bisa kita jalakan.

Awaluddin mengatakan adanya lebih banyak titik mencuci tangan bertujuan agar traver atau pengunjung bandara semakin mudah mencuci tangan sehingga turut meminimalisir penyebaran Covid-19.

Angkasa Pura IIMenteri BUMN Erick Thohir mengangkat Edwin Hidayat Abdullah sebagai Wakil Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero). (Foto: Yahoo.com)

“Kesehatan adalah prioritas utama. Kami sangat berharap anjuran mencuci tangan sesering mungkin bisa kita jalankan demi menjaga kesehatan kita semua traveler, pengunjung, masyarakat luas dan personil PT Angkasa Pura II serta instansi lain yang bertugas di bandara. Bersama-sama kita lawan dan cegah penyebaran Covid-19,” kata Awaluddin.

Simak Pula: Lagu Indonesia Jaya Jadi Soundtrack Lawan Corona

PT Angkasa Pura II saat ini mengelola 19 bandara di Indonesia, yaitu Soekarno-Hatta (Tangerang), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Husein Sastranegara (Bandung), Kertajati (Majalengka), Radin Inten II (Lampung), HAS Hanandjoeddin (Belitung), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang), Depati Amir (Pangkal Pinang), Sultan Thaha (Jambi), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Lalu, Bandara Internasinal Banyuwangi, Sultan Iskandar Muda (Aceh), Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Silangit (Tapanuli Utara), Kualanamu (Deli Serdang) dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).[]

Berita terkait
Corona Indonesia, Investor China Kirim 40 Ton Alkes
Beberapa perusahaan asal China berinvestasi di Tanah Air berinisiatif memberikan sumbangan 40 ton alkes untuk membantu pengendalian virus corona.
Satu Link, Info Terkini Corona di Indonesia Didapat
Satu link memunculkan informasi terkini perkembangan virus corona di Indonesia. Kemudahan konektifitas dalam satu klik saja.
Imbas Corona, Golkar Usul Kolaborasi Inovatif
Untuk mengantisipasi dampak virus corona, Politisi Partai Gokar, Putri Anetta Komarudin menyarankan adanya kolaborasi inovatif lintas sektor.
0
Covid-19, AP II Perluas Area Penyemprotan di Bandara
Angkasa Pura II memperluas area penyemprotan cairan disinfektan dalam mencegah penyebaran virus corona Covid-19.