UNTUK INDONESIA
Corona Indonesia, Investor China Kirim 40 Ton Alkes
Beberapa perusahaan asal China berinvestasi di Tanah Air berinisiatif memberikan sumbangan 40 ton alkes untuk membantu pengendalian virus corona.
Petugas memindahkan Alat Pelindung Diri (APD) dari pesawat B737-400 milik TNI AU di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Senin, 23 Maret 2020. (Foto: Antara/Fikri Yusuf/foc)

Jakarta - Beberapa perusahaan asal China berinvestasi di Tanah Air berinisiatif memberikan sumbangan 40 ton alat kesehatan (alkes) untuk membantu penanganan dan pengendalian virus corona atau Covid-19 di Indonesia.

Sumbangan tersebut, kata Juru Bicara (Jubir) Menteri Koordinator Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi merupakan bukti hubungan baik Indonesia dengan Tiongkok.

"Bantuan alkes ini adalah bukti hubungan baik antara kedua negara dan juga wujud kepedulian terhadap wabah Covid-19 yang kita tahu merupakan tantangan semua negara di dunia hari ini," ujar Jodi Mahardi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Hore, Sri Mulyani Beri 4 Insentif untuk Pengusaha

APDPrajurit TNI AU yang megenakan pakaian alat pelindung diri (APD) memberi hormat saat pesawat C-130 Hercules TNI AU dari Skadron Udara 32 Wing Udara 2 Lanud Abdulrachman Saleh Malang yang membawa alat kesehatan di Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. (Foto: Antara/M Risyal Hidayat/aww)

Untuk mengangkut sumbangan alkes, kementerian bekerja sama dengan Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI). Rencananya, alkes akan diboyong menggunakan pesawat Garuda Indonesia jenis Boeing 777 dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Kamis malam.

"Dengan demikian, diharapkan penanganan wabah ini dapat berlangsung lebih cepat dan warga dapat kita lindungi, termasuk keselamatan petugas medis yang saat ini berjuang di garis terdepan," tuturnya.

Donatur yang berinisiatif menyumbang alkes adalah investor yang telah berinvestasi di Indonesia seperti di Morowali, Weda Bay, Obi, Kendari, Konawe, dan daerah sekitar. Bantuan alkes itu terdiri atas test kit Covid-19, masker N95, masker bedah, hingga alat pelindung diri (APD) seperti baju, kacamata, sarung tangan, dan sebagainya.

Seluruh bantuan tersebut nantinya akan didistribusikan melalui Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB), kampus-kampus, dan lainnya. Selain itu, pihaknya bersama APLSI akan mendistribusikan bantuan alat laboratorium untuk memeriksa virus kepada enam fakultas kedokteran di Indonesia.

Alat tersebut berupa alat PCR dan RNA extraction machine untuk swab test. Sehingga, April minggu kedua semua fakultas kedokteran memiliki kemampuan untuk melakukan tes masing-masing sebanyak 1.000 sampel per harinya. []

Berita terkait
Prabowo Absen Ambil Alkes Covid-19 dari China?
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto berhalangan hadir dalam acara serah terima alat kesehatan (alkes) Covid-19 dari China.
Sosialisasi Pencegahan Corona Keliling Kampung
Desa Sindang Panon turut berperan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19.
Positif Covid-19 Naik 893, Meninggal 78, Sembuh 35
Angka peningkatan kasus positif Covid-19 dalam negeri terus menanjak dalam 24 jam terakhir. Kasus positif menyentuh angka 893 orang.
0
Yulhee dan Chen Exo Dianggap Beri Pengaruh Buruk
Chen Exo dan Yulhee dianggap memberi pengaruh buruk lantaran menikah karena peristiwa hamil di luar nikah.