UNTUK INDONESIA
Corona Masuk Indonesia, Swalayan BSD Diserbu Warga
Pengumuman dua WNI yang positif terkena virus corona atau COVID-19 berdomisili di Depok, Jawa Barat berimbas panic buying sejumlah swalayan.
Suasana antrean warga di salah satu swalayan kawasan BSD Tangerang Selatan, Banten, Senin, 1 Maret 2020. (Foto: Tagar/Alfi Dinilhaq)

Tangerang Selatan - Pengumuman dua warga negara Indonesia (WNI) yang positif terkena virus corona atau COVID-19 berdomisili di Depok, Jawa Barat berimbas kepanikan masyarakat untuk berbelanja bahan pokok (panic buying). Salah satunya terjadi di gerai swalayan kawasan BSD Tangerang Selatan, Banten.

Dari pantauan Tagar, panic buying terjadi di Alfa Midi Super yang berlokasi di Jalan Letnan Sutopo. Karena tidak biasanya swalayan tersebut dipenuhi dengan pengunjung yang berbelanja.

Rak yang biasanya berisi penuh kebutuhan pokok seperti beras, minyak, mie instan, dan makanan kaleng, Senin malam, 2 Maret 2020 tampak kosong diburu pelanggan.

Panic BuyingRak beras di salah satu swalayan kawasan BSD Tangerang Selatan, Banten, Senin, 1 Maret 2020. (Foto: Tagar/Alfi Dinilhaq)

Warga Nusa Loka BSD Tangerang Selatan, Anita mengakui bahwa ia berbelanja karena kebutuhan bulanan dan kabar virus corona yang sudah masuk ke Indonesia. "Ya antara dua itu sih, antara memang belanja kebutuhan bulanan dan juga karena corona ini," ujarnya.

Hanya saja, ia tidak mau menyikapi secara berlebihan terkait hal tersebut. "Kalau kita santai saja dan tidak terpengaruh juga isu corona," ujarnya.

Sementara itu, ada pelanggan lain yang tak mau disebutkan namanya turut belanja seusai pengumuman COVID-19 menginfeksi dua WNI asal Depok. Namun, ia mengaku aktifitas belanja yang dilakukan bukan disebabkan khawatir penyebaran virus corona.

"Kalau kita emang buat jualan dan kita juga heran yang biasanya sepi, tapi sekarang ramai. Biasanya kita emang beli mie enam kardus, tapi sekarang cuma dapat empat kardus saja," kata dia. []

Berita terkait
Jokowi Umumkan 2 WNI Corona, Anies Bikin Tim Tanggap
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membikin Tim Tanggap Covid-19 tak lama dari Presiden Jokowi mengumumkan dua WNI positif terinfeksi corona.
Dosen Unair Sebut Rempah-Rempah Bisa Cegah Corona
Guru besar Unair Surabaya untuk menangkal virus corona perlu imunitas cukup baik. Untuk meningkatkan imunitas bisa konsumsi rempah-rempah.
Terawan: Kematian Flu Lebih Tinggi Daripada Corona
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebut kematian akibat flu lebih tinggi daripada jumlah korban corona.
0
Ditjen Perumahan Salurkan Bansos PUPR Peduli Covid-19
Keluarga besar Direktorat Jenderal Perumahan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan PUPR Peduli Covid-19.