UNTUK INDONESIA
Corona di Depok, Mendagri: Masyarakat Jangan Panik
Mendagri Tito Karnavian meminta masyarakat tak panik dalam menghadapi Virus Corona karena pemerintah telah melakukan tindakan
Mendagri Jenderal (Purn) Tito Karnavian. (Foto: Tagar/Ihwan Fajar)

Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta masyarakat tak panik dalam menghadapi Virus Corona. Pasalnya, pemerintah telah mengerahkan seluruh kemampuan untuk menghadapi virus Covid-19 itu.

Tito mengatakan seluruh kepala daerah hingga pemerintah pusat sudah melakukan tindakan preventif. Hal itu diungkapkan dia usai menghadiri Wisuda Diploma dan Sarjana Universitas Nahdlatul Ulama, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Selasa, 3 Maret 2020.

Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting.

"Kita tahu koordinasi di tingkat Nasional sudah dilakukan oleh Kemenlu, kemudian koordinasi jaringan kesehatan oleh Kemenkes sudah dilakukan, rekan-rekan kepala daerah juga telah banyak melakukan langkah-langkah untuk preventif," kata Tito NTB, Selasa, 3 Maret 2020.

Dia menjelaskan salah satu langkah menghindari Corona itu, yaitu dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau memperkuat sistem imun. Bahkan, melakukan olahraga rutin dan pola hidup sehat diyakini dapat terhindar dari gejala virus tersebut.

"Tindakan preventif itu, terutama memperkuat daya tahan tubuh, itu yang penting, olahraga, karena virus itu yang paling utama ada di sistem daya tahan tubuh. Kalau daya tubuh kuat, virus juga tidak bisa berkembang," ujar dia.

Eks Kapolda Metro Jaya itu menuturkan sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keuntungan karena memiliki suhu relatif hangat karena dipengaruhi oleh letaknya di garis khatulistiwa. 

"Kita semua belajar dari dulu, namanya matahari pagi itu banyak mengandung manfaat termasuk vitamin D dan lain-lain. Hal ini menunjukkan bahwa di suhu-suhu tertentu yang panas dia tidak bisa berkembang, nah keuntungan kita negara yang tropis seperti itu," tutur dia.

Kemudian, mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bersumber dari sayuran dan buah, serta vitamin juga diyakini dapat terhindar dari serangan virus mematikan itu. Melaksanakan rutinitas dengan mencuci tangan dengan sabun secara benar juga dinilai ampuh untuk cegah segala virus yang berbahaya. 

"Olahraga, berjemur di bawah sinar matahari dan kemudian yang tadi, vitamin yang alami adalah vitamin dari buah dan sayur, madu, dan lain-lain. Ini yang perlu banyak dikonsumsi. Di samping itu metode penyebarannya ini terutama sentuhan langsung dengan penderitanya, rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun atau disinfektan, dan masyarakat tidak perlu panik," ucap Tito. []

Baca juga:

Berita terkait
Deteksi Virus Corona, Pemkot Makassar Bentuk TRC
Pemkot Makassar membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) di Dinas Kesehatan dan Puskesmas untuk mencegah penyebaran virus corona.
Terawan: Kematian Flu Lebih Tinggi Daripada Corona
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto sebut kematian akibat flu lebih tinggi daripada jumlah korban corona.
NasDem Soroti Gaya Terawan dan Aksi Borong Masker
Ketua DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan Okky Asokawati soroti gaya Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto soal virus Corona.
0
Pria Botak di Sumut Diancam 15 Tahun Penjara, Ini Kasusnya
Pria botak di Deli Serdang, Sumatera Utara, nodai adik ipar. Penjara 15 tahun menantinya.