UNTUK INDONESIA
Ciri-ciri Mobil dan Motor Bekas Terendam Banjir
Kendaraan yang terendam banjir akan berdampak pada kerusakan pada komponen-komponen kendaraan.
Sederet mobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Januari 2020. Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Banyak kendaraan mobil dan sepeda motor yang turut terendam bahkan terseret arus banjir yang melanda Jabodetabek pada awal tahun 2020.

Kendaraan yang terendam banjir akan berdampak pada kerusakan pada komponen-komponen kendaraan. Misalnya pada mobil, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra mengatakan kerusakan akan terlihat pada bagian kabin mobil.

Banjir JakartaMobil terendam banjir di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Januari 2020. Hujan deras yang mengguyur DKI Jakarta membuat sejumlah wilayah di Ibu Kota terendam banjir. (Foto: Antara/Sigid Kurniawan)

"Setelah terendam banjir, mobil akan berkarat. Misalnya pada bagian besi-besi penyangga dashboard atau di besi penyangga bagian kursi. Biasanya kita harus melihat di bagian-bagian di dalam kabin yang tertutup pandangan," ujar Didi kepada Tagar, Jumat, 3 Januari 2020.

Sementara untuk bagian bodi mobil, Didi mengatakan pasti akan mengalami karat dan baret akibat terendam. Namun bagian-bagian ini akan lebih mudah untuk diperbaiki atau dicat ulang.

"Baret biasanya kalau terendam ada kayu atau material lain yang ikut terbawa arus banjir sehingga mengenai bagian bodi mobil. Namun biasanya pada bagian ini, bisa saja dibersihkan dan dicat kembali sehingga menghilangkan bekas karat," katanya.

Motor Terendam Banjir

Berbeda dengan mobil, ciri-ciri sepeda motor bekas terendam banjir dapat dilihat pada komponen-komponen internal motor. Wawan Sutawijaya, Service Advisor Harapan Motor Juanda mengatakan hal yang paling mudah untuk memeriksa adalah lihat pada bagian oli.

"Jika oli berubah warna menjadi putih seperti susu maka dapat dipastikan motor habis teremdam banjir. Warna putih itu karena oli tercampur air," kata Wawan kepada Tagar, Jumat, 3 Januari 2020.

Motor Terendam BanjirSejumlah sepeda motor terendam banjir di Jalan Kemang Selatan X, Kelurahan Bangka, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu, 1 Januari 2020 (Foto: Antara/Laily Rahmawaty)


Lebih lanjut, Wawan menjelaskan pada beberapa bagian di motor juga akan mengalami korosi saat terendam banjir, misalnya pada bagian rantai.

"Untuk motor sport atau motor bebek bisa di periksa pada bagian gear set (rantai). Biasanya jika terendam banjir, rantai cenderung kering dan sedikit berkarat. Untuk motor matik bisa dilihat pada bagian standar dan disc brake (piringan cakram), komponen dengan material logam. Matik lebih mudah seharusnya, cukup buka footrest biasanya banyak sampah," ujarnya.

Pun demikian masing-masing kendaraan memiliki dampak kerusakan pada komponen yang berbeda akibat terendam banjir. Namun semuanya dapat diperbaiki di bengkel-bengkel terdekat, lebih disarankan bengkel resmi masing-masing kendaraan.

"Semua kerusakan tergantung dari level ketinggian banjir. Semakin tinggi banjir tentunya semakin tinggi pula kerusakan yang ditimbulkan. Namun semua masih ditangani di bengkel-bengkel resmi," ujar Didi. []

Berita terkait
Kondisi Terkini Perumahan Ciledug Indah Pasca Banjir
Perumahan Ciledug Indah yang berada di Kota Tangerang mengalami banjir cukup parah, empat warga menjadi korban derasnya banjir yang melanda.
Derek Gratis Suzuki Bagi Mobil Terdampak Banjir
Suzuki Indonesia menghadirkan program "Suzuki Peduli Banjir" yang ditujukan untuk mengevakuasi dan memberikan derek gratis.
Layanan Jemput Mobil BMW yang Terdampak Banjir
BMW Astra menyediakan layanan jemput kendaraan bagi seluruh mobil BMW dan MINI yang terdampak banjir.
0
Tak Ada Bukti Ferrari Salahi Regulasi Musim 2019
FIA pada Kamis, 5 Maret 2020, menjawab kritik dari tujuh tim Formula 1 tentang pelanggaran Ferrari pada musim balapan 2019