UNTUK INDONESIA
Ciri-ciri Kanker Getah Bening, 'Musuh' Artis Indonesia
Penyakit kanker kelenjar getah bening sepertinya memang musuhnya artis Indonesia. Merenggut nyawa Olga Syahputra dan almarhum Ustaz Arifin Ilham.
Ilustrasi kanker darah. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Penyakit kanker kelenjar getah bening sepertinya memang musuhnya artis Indonesia. Panyakit ini pernah merenggut nyawa Olga Syahputra dan almarhum Ustaz Arifin Ilham. Kini menyerang Aldi Taher dan Ria Irawan.

Untuk itu, harus mewaspadai jika ada gangguan pada kelenjar getah bening, karena bisa saja menjadi kanker yang berbahaya. Kelenjar getah bening ada di sepanjang tubuh. Normalnya, tidak dapat diraba, namun pada bagian tubuh tertentu seperti area leher, ketiak, sela paha, dan bawah dagu dapat teraba dengan ukuran kurang dari 1 cm, tidak nyeri, tidak membesar dan mudah digerakkan.

Untuk itu, harus mewaspadai jika ada gangguan pada kelenjar getah bening, karena bisa saja menjadi kanker yang berbahaya. 

Kanker getah bening adalah jenis kanker ganas yang menyerang sistem limfatik, bagian penting dari sistem pertahanan tubuh yang memiliki tugas penting dalam membentuk barisan pertahanan guna melawan keberadaan infeksi maupun kanker.

Kemungkinan sembuh dari kanker getah bening tergantung pada tahap atau stadium kanker yang dialami oleh pasien. Semakin cepat mengetahui dan menjalani pengobatan, maka akan semakin mudah dalam proses penyembuhannya.

Gejala umum kanker kelenjar getah bening atau biasa disebut limfoma maligna akan menimbulkan keluhan utama yaitu benjolan yang tidak terasa sakit, cenderung membesar, dan menetap. 

Biasanya akan timbul keluhan lain seperti demam menggigil, penurunan nafsu makan dan berat badan. Selain itu sering mengalami infeksi yang sukar sembuh, kelelahan, dan batuk yang tidak kunjung sembuh.

Mengutip halosehat, ciri-ciri kanker getah bening tergantung jenisnya, yaitu kanker getah bening yang disebut limfoma Hodgkin dan limfoma non-Hodgkin. Keduanya terlihat serupa, namun mempunyai ciri khusus yang berbeda.

1. Kanker Getah Bening non-hodgkin

Kanker getah bening non-hodgkin dapat menyebabkan beragam tanda dan gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi kanker berkembang. 

Dalam beberapa kasus mungkin kanker tidak menimbulkan gejala apapun sampai kanker berkembang cukup besar.

Gejala umum yang dialami kanker kelenjar getah bening non-Hodgkin, di antara lain. 

  • seperti pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan, yang tidak terasa sakit
  • Rasa sakit atau pembengkakan di perut
  • Merasa cepat kenyang meskipun cuman makan sedikitNyeri atau perasaan tertekan di dada
  • Sesak napas atau batuk
  • Demam
  • Penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya
  • Berkeringat di malam hari
  • Kelelahan yang ekstrim
  • Kurang sel darah merah (anemia)

Jika melihat adanya tanda-tanda kanker getah bening seperti di atas, dan sebagian besar dirasakan dalam waktu bersamaan, sebaiknya segera datang periksa ke dokter untuk memastikan apa penyebabnya.

2. Kanker Kelenjar Getah Bening Hodgkin

Seseorang yang mengidap kanker getah bening Hodgkin bisa saja merasa sangat sehat. Namun, biasanya bisa dilihat tanda-tandanya saat penyakit ini berkembang di dalam tubuh. 

Karena itu, cermatilah apakah ada gejala-gejala kanker getah bening Hodgkin berikut ini.

  • Pembesaran kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau selangkangan, tanpa merasakan sakit
  • Demam dan menggigil
  • Kelelahan yang terus-menerus
  • Penurunan berat badan yang tidak jelas penyebabnya
  • Kehilangan seleran makan
  • Gatal-gatal
  • Peningkatkan sensitivitas terhadap efek alkohol, atau terasa sakit pada kelenjar getah bening setelah minum alkohol

Segera kunjungi dokter apabila sudah terlihat ciri-ciri kanker kelenjar getah bening seperti di atas, untuk memastikan apa penyebab dari keluhan yang dialami, sehingga dapat ditangani dengan baik. []

Berita terkait
Zat Berbahaya Rokok Sebabkan Kanker Paru
Sebatang rokok terdapat 250 zat beracun dan 70 zat yang bersifat karsinogenik yang berasal dari tembakau.
Ancaman Kanker Serviks Kaum Hawa dan Deteksi Dini
Bagi wanita, menjaga organ intim merupakan hal paling utama karena ancaman kematian kanker serviks.
Delapan Gejala Awal Kanker Paru
Kanker paru penyakit perenggut maut nomor satu. Kenali delapan gejala awalnya, juga faktor-faktor penyebab dan cara mencegahnya.
0
Rusuh di Penajam Pasir Utara Berawal dari Penganiayaan
Kerusuhan yang terjadi karena dipicu kejadian penikaman pada Rabu, 9 Oktober 2019 lalu. Namun kemudian dikaitkan dengan konflik suku.