UNTUK INDONESIA
Cirebon, Kota Sejuta Etnis dan Budaya
Dalam memeriahkan hari jadi kota Cirebon yang ke-650, Wali Kota Cirebon meminta semua etnis menampilkan seni budayanya masing-masing.
Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, (Foto: Humas Pemkot)

Cirebon - Kota Cirebon merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang terdiri dari beragam etnis dan budaya. Bahkan dulunya Cirebon dikenal dengan ungkapan kota seribu etnis dan seribu budaya.

Oleh karena itu Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis meminta dalam rangka memeriahkan HUT RI ke -74, 17 Agustus 2019 dan Hari Jadi Kota Cirebon ke-650, 1 September 2019, setiap etnis yang ada di Kota Cirebon untuk turut serta memeriahkan dua hari bersejarah tersebut.

Permintaan ini disampaikan Azis saat menghadiri Rapat Persiapan Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Cirebon ke-650 di ruang Adipura Kencana, Balaikota Cirebon, Selasa 9 Juli 2019.

Kota Cirebon itu terdiri dari beragam etnis dan budaya. Bahkan dulunya Cirebon dikenal dengan ungkapan kota seribu etnis dan seribu budaya

Azis mengakui bahwa Kota Cirebon minim keindahan alam, namun kondisi ini tidak akan membuat pariwisata di kota wali itu terpuruk. Bahkan Azis yakin bahwa Kota Cirebon akan menjadi kota pariwisata terdepan di Jawa Barat dengan segala potensi wisata yang dimiliki.

Karena itu, momentum hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan RI dan hari jadi Cirebon ke-650 harus di jadikan pijakan dan langkah awal membangun sebuah kota pariwisata berbasis pada kekuatan seni dan budaya yang dimiliki Kota Cirebon.

Karenanya, Azis meminta kepada ketua panitia HUT ke-74 Kemerdekaan RI dan Hari Jadi Cirebon ke-650 mengirimkan surat kepada setiap etnis yang ada di Kota Cirebon. Mereka diminta untuk berperan serta menampilkan berbagai seni dan budaya yang sudah menjadi ciri khas mereka di malam puncak perayaan Hari Jadi Cirebon ke 650.

“Siapa tahu dari penampilan itu nanti ada yang bagus yang selanjutnya bisa dijadikan agenda tahunan wisata di Kota Cirebon,” ungkap Azis.

Bahkan penampilan dari beragam etnis tersebut menurut Azis juga akan mendapatkan penilaian. “Hadiahnya sudah disiapkan bu wakil (wali kota Cirebon),” ungkap Azis. Yaitu dengan total hadiah uang sebesar Rp 50 juta. Karena itu, Azis kembali menekankan kepada ketua panitia untuk segera memberikan surat edaran kepada setiap etnis yang ada di Kota Cirebon untuk turut berpartisipasi pada dua hari ulang tahun tersebut.

Dengan penampilan seni dan budaya dari beragam etnis tersebut menunjukkan jika Kota Cirebon merupakan kota yang kaya dengan seni dan budaya. Namun tetap dalam satu wadah yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Seluruh masyarakat Kota Cirebon juga harus bergembira menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI dan juga hari jadi Cirebon ke-650 ini,” ungkap Azis.

HUT Cirebon Moment Kebangkitan Pariwisata

Sementara itu Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, juga sangat berharap peringatan hari ulang tahun ke-74 kemerdekaan RI dan hari jadi Cirebon ke-650 menjadi momentum kebangkitan pariwisata di Kota Cirebon.

Terlebih sarana dan prasarana yang ada di wilayah Cirebon saat ini sangat lengkap. Mulai dari double track kereta api, tol trans Jawa hingga keberadaan BIJB Kertajati yang saat ini sudah hidup karena sejumlah penerbangan sudah dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung ke BIJB Kertajati.

Politisi Partai Nasdem ini berharap seluruh kepala daerah yang ada di wilayah Cirebon ini dapat menangkap peluang tersebut. "Mari kita jadikan wilayah Cirebon sebagai daerah pariwisata yang maju di Jawa Barat,"pungkas Eti. []

Artikel lainnya

Berita terkait
0
Vidi Aldiano dan Lima Artis Muda Divonis Kanker
Penyakit kanker bisa muncul pada usia berapa pun. Seperti yang dialami beberapa selebritas muda Tanah Air termasuk penyanyi Vidi Aldiano.