UNTUK INDONESIA
Ciputra Teladan Bagi Pengembang dan Pelaku Properti
Konsultan properti Anton Sitorus turut kehilangan sosok Ciputra atau Tjie Tjin Hoan, Chairman and Founder Ciputra Group.
Chairman and Founder Ciputra Group Ciputra. (Foto: ciputra.com)

Jakarta - Konsultan properti Anton Sitorus turut kehilangan sosok Ciputra yang lahir dengan nama Tjie Tjin Hoan, Chairman and Founder PT Ciputra Development, Tbk atau dikenal Ciputra Group. Bagi dia Ciputra merupakan tokoh properti nasional yang menjadi panutan kalangan pengembang dan pelaku usaha sektor properti nasional yang ada pada saat ini.

"Ciputra adalah role model, teladan. Saya pikir sudah jarang ada sosok seperti ini," kata Anton di Jakarta, Rabu, 27 November 2019 seperti dilansir dari Antara.

Menurutnya, Ciputra satu dari banyak pengusaha di bidang properti yang memiliki visi kuat dan tahu kapan harus bertindak konservatif serta tidak selalu agresif dalam memasarkan propertinya.

Misalnya, Ciputra melalui perusahaannya tidak selalu mengeluarkan biaya besar. Tetapi konsisten menyelesaikan sejumlah aspek tanpa menghilangkan kualitas properti yang dibangunnya.

Selain itu, pendiri Universitas Ciputra merupakan sosok di dunia properti yang tidak terlalu memikirkan aspek profitabilitas tetapi menjunjung tinggi segi sosial dan kewirausahaan. Ia dikenal sebagai pribadi yang selalu memperhatikan aspek berkelanjutan di daerah atau kawasan lokasi properti tempatnya membangun.

Pak Ci sapaan akrabnya adalah sosok yang sangat mendorong kewirausahaan bangsa Indonesia. Menurut dia salah satu buktinya adalah dibangunnya pusat inkubasi start up (usaha rintisan) yang terletak di kawasan Ciputra World yang terletak di sekitar Jalan Prof. Dr. Satrio, Jakarta Selatan.

Ia menuturkan atas berbagai terobosan di bidang properti, khususnya PT Ciputra Development, Tbk sosok dia terkenal bukan hanya di Indonesia saja. Bahkan, nama tersebut tak asing di sejumlah negara tetangga seperti di Vietnam dan Singapura.

"Ciputra expand (berekspansi) di Singapura sejak tahun 80-an awal. Proyek yang dibangunnya juga ada di lokasi prestisius Singapura seperti di sekitar daerah Marina Bay," ujar Head of Research & Consultancy Savills Indonesia tersebut.

Ciputra Meninggal di Singapura

Ciputra menghembuskan nafas terakhir pada usia ke-88. Chairman and Founder PT Ciputra Development, Tbk meninggal pada 01.05 di Singapura, Rabu, 27 November 2019.

Corporate Communication PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Rika Lestari pun menyampaikan ucapan belasungkawa terkait meninggalnya Ciputra.

"Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga Keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini,” tutur Rika.

Rika menjelaskan untuk sementara jadwal pemakaman belum diinformasikan. "Kami masih menunggu informasi pemberangkatan jenazah dari Singapura ke Indonesia," ujarnya. []

Berita terkait
Ciputra dan Kegetiran Hidup di Masa Kecil
Begawan properti Indonesia, Ciputra meninggal dunia pada usia 88 tahun di Singapura. Masa kecil Ciputra akrab dengan kegetiran hidup.
Strategi Bisnis Properti Ciputra Lebih Membumi
Pengusaha yang dikenal sebagai begawan properti Ciputra meninggal dunia di Singapura. Ciputra terkenal dengan strategi bisnisnya yang membumi.
Mal Ciputra di Jakarta Barat Terbakar
Belum mendapat informasi terkait penyebab terjadinya kebakaran, namun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
0
Dinkes Bali Pastikan 12 Warga Negatif Virus Corona
Sebelumnya 12 orang tersebut menjalin kontak dengan WN Jepang yang positif terjangkit Corona saat berkunjung di Bali beberapa waktu lalu.