UNTUK INDONESIA
China Kirim Bantuan Medis ke Italia Lawan Corona
China mengirimkan bantuan medis ke Italia untuk melawan virus corona (COVID-19). Bantuan medis seperti masker dan respirator.
Bantuan medis untuk dikirimkan ke Italia di Hangzhou, provinsi Zhejiang, China, Selasa (10/3/2020). Foto diambil tanggal 10 Maret 2020. (Foto: Antara/REUTERS/CHINA DAILY)

Jakarta - China mengirimkan bantuan medis ke Italia untuk melawan virus corona (COVID-19). Bantuan medis seperti masker dan respirator itu diangkut menggunakan pesawat terbang tiba di Italia, Jumat, 13 Maret 2020.

Satu tim yang terdiri dari sembilan staf medis turut terbang dalam pesawat dengan muatan sekitar 30 ton alat medis itu. Pengiriman bantuan pasokan tersebut dikelola oleh Palang Merah China dan diterima oleh Palang Merah Italia.

"Dalam momen yang penuh tekanan dan kesulitan luar biasa ini, kami merasa lega dengan kedatangan pasokan bantuan. Benar bahwa bantuan ini hanya akan bertahan sementara, tapi tetap saja penting," kata kepala Palang Merah Italia, Francesco Rocca, dikutip dari Antara.

Dia menambahkan, "Kami amat sangat membutuhkan masker saat ini. Kami juga butuh respirator yang akan didonasikan kepada pemerintah. Jelas bahwa bantuan ini sangat penting bagi negara kami."

Wabah COVID-19 yang mulai muncul di kota Wuhan, China, pada Desember 2019 saat ini telah menyebar ke seluruh dunia dan dinyatakan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (11/3/2020).

Italia adalah negara di luar China dengan kasus infeksi terparah dengan jumlah kasus terkonfirmasi mencapai 15.113 kasus, 1.016 kasus di antaranya berujung kematian. Sementara sebanyak 1.045 kasus berhasil disembuhkan, demikian menurut data akumulasi per 13 Maret 2020 sejak pertama muncul kasus pertama pada 21 Februari 2020.

Wabah ini berdampak pada sejumlah rumah sakit di Italia yang kewalahan menangani pasien dengan pasokan alat medis utama yang dibutuhkan terus menipis. []

Berita terkait
Korban Meninggal Akibat Corona di Italia Jadi 1.000
Korban tewas akibat virus corona jenis Covid-19 di Italia melonjak di atas angka 1.000.
Dari Politisi, Atlet, dan Seleb Terinfeksi Covid-19
Berdasarkan data terbaru, jumlah korban yang terinfeksi Covid-19 secara global mencapai 135.000 orang dengan yang meninggal lebih dari 4.900.
Pria Italia Terjebak Bersama Jenazah Corona
Seorang pria Italia terjebak bersama jenazah yang tewas akibat terinfeski virus corona. Dia memohon pihak berwenang agar datang mengurus jenazah.