10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan

Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Daun pepaya dan buah peepaya sama-sama kaya akan manfaat karena memiliki khasiat obat luar biasa yang dapat membantu mengelola beberapa kondisi seperti demam berdarah, nyeri haid dan pembengkakan.

Menurut sebuah penelitian, daun pepaya mengandung enzim yang disebut papain dan chymopapain yang dapat meningkatkan kesehatan seseorang secara keseluruhan. Daun pepaya juga dikemas dengan beberapa fitokimia, vitamin dan mineral yang bertindak sebagai keajaiban bagi tubuh manusia.

Daun pepaya banyak digunakan dalam bentuk jus atau teh untuk mengobati berbagai penyakit karena mengandung senyawa aktif yang disebut karpain yang membantu membunuh mikroorganisme dari sistem pencernaan dan mengobati masalah pencernaan lainnya. Daun tanaman pepaya juga mengandung flavonoid, tanin, α-tokoferol (sejenis vitamin E), beta-karoten, asam askorbat, alkaloid (karpain), fenol, mineral seperti kalsium, natrium, besi, magnesium dan vitamin A, C, B, K.

Dilansir dari Boldsky, inilah 10 manfaat kesehatan yang luar biasa dari daun pepaya


1. Mengobati Demam Berdarah

Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit menular berbasis nyamuk yang menyerang sekitar 50-200 juta orang di seluruh dunia per tahun. Menurut sebuah penelitian, ekstrak daun pepaya berpotensi meningkatkan jumlah trombosit pada orang yang terinfeksi DBD dan menurunkan demam.


2. Mengatasi Masalah Kulit

Menurut sebuah penelitian, rebusan daun pepaya memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit kanker, khususnya kanker kulit. Daun pepaya memiliki efek sitotoksik kuat yang membantu membunuh sel kanker manusia lebih baik daripada pengobatan tradisional lainnya.


3. Menjaga Kesehatan Hati

Stres oksidatif dapat menyebabkan banyak kerusakan pada hati yang menyebabkan hepatitis dan sirosis terkait HCV. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa konsumsi daun pepaya dapat memberikan dukungan potensial pada hati karena sifat antioksidan dan vitamin E.


4 Mengobati Malaria

Malaria adalah salah satu penyakit menular paling mematikan yang disebabkan oleh parasit yang disebut Plasmodium. Menurut sebuah penelitian, pemberian daun pepaya setiap hari pada pasien malaria membantu meningkatkan sel darah merah dan mengurangi beban parasit dalam tubuh mereka. Hal ini dapat menyebabkan pemulihan hati yang cepat dari parasit malaria.


5. Mengurangi Perubahan Suasana Hati

Banyak penelitian mengungkapkan bahwa penyebab utama perubahan suasana hati dan gangguan mental lainnya adalah karena kekurangan vitamin C dalam tubuh. Daun pepaya atau rebusannya membantu meredakan ketegangan emosional seperti perubahan suasana hati, stres, dan depresi.


6. Baik Untuk Kesehatan Jantung 

Kandungan polifenol di banyak tanaman telah menunjukkan hasil positif dalam mengurangi penyakit kardiovaskular. Menurut sebuah penelitian, daun pepaya memiliki sifat kardioprotektif yang membantu mengurangi stres oksidatif yang diinduksi pada jantung karena adanya senyawa fenolik.


7. Mengobati Sakit Maag

Daun pepaya digunakan sebagai obat alami dalam banyak masalah pencernaan seperti mulas, kembung, sembelit, dan sindrom iritasi usus besar. Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa pemberian daun pepaya pada pasien gangguan pencernaan kronis dapat mengatasi masalah tersebut dalam waktu yang singkat.


8. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Daun pepaya penuh dengan antioksidan seperti beta-karoten, enzim seperti papain dan vitamin seperti A dan C. Senyawa ini membantu merawat kondisi rambut seperti ketombe dan kebotakan bersamaan dengan menambah volume pada rambut dan memberi mereka kilau alami.


9. Menyembuhkan luka

Keberadaan enzim 'protease' pada daun pepaya diketahui memiliki khasiat penyembuhan luka dan pengelupasan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa penyembuhan luka membutuhkan waktu sekitar tujuh hari jika dirawat dengan hidrogen peroksida dan hanya empat hari dengan daun pepaya. Namun, penelitian tersebut membutuhkan lebih banyak bukti.


10. Mencegah Kerusakan Paru-paru

Emfisema adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kerusakan kantung udara paru-paru dan sesak napas. Vitamin D pada daun pepaya berperan penting dalam mengobati penyakit emfisema, radang paru-paru dan penyakit paru kronis lainnya serta meningkatkan fungsi paru-paru. []


Baca Juga:

Mengenal Manfaat Siwak untuk Kesehatan Gigi

Ternyata Pisang Bukan Buah, Ini Penjelasannya..

Manfaat Buah Naga Buat Kulit Wajah Cantik Berseri

Enam Buah Surga Ini Disebut dalam Alquran







Berita terkait
Daun Pepaya, Cara Ampuh Cegah dan Hilangkan Demam Berdarah
Daun pepaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, membantu melawan penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD).
Bubur Hingga Jus, Olahan Daun Pepaya Tangkal Demam Berdarah
Daun pepaya sudah dari turun temurun digunakan nenek moyang mengobati beragam penyakit, termasuk demam berdarah.
Di Balik Pahit Daun Pepaya, Ini Enam Khasiatnya Sebagai Penyembuh
Di balik pahit daun pepaya, ini enam khasiatnya sebagai penyembuh. Cari tahu di sini apa saja.
0
Jawaban Jokowi Saat Ditanya Pilih Puan Maharani atau Ganjar Pranowo Capres 2024
Apa jawaban Presiden Jokowi ketika wartawan bertanya kepadanya: pilih siapa capres untuk Pilpres 2024, Puan Maharani atau Ganjar Pranowo.