UNTUK INDONESIA
Cara Menjaga Pasien Penyakit Tak Menular dari Corona
Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro menyarankan pasien penyakit tidak menular tetap terapkan pola hidup sehat untuk cegah Corona.
Ilustrasi Corona. (Foto: Pixabay/PIRO4D)

Jakarta - Duta Adaptasi Kebiasaan Baru dr. Reisa Broto Asmoro menyarankan pada masyarakat yang memiliki penyakit tidak menular (PTM) seperti jantung, gagal ginjal, stroke, kanker, hipertensi, dan diabetes untuk menerapkan pola hidup sehat. Hal itu dikatakannya karena mereka sangat rentan terinfeksi Corona atau Covid-19. 

Menurut dia, ada tiga hal yang harus selalu diperhatikan bagi para penyandang PTM, yaitu menjaga asupan makanan dan minuman, menjalankan kebiasaan sehat dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter. 

"Konsultasi dengan dokter apabila memungkinkan dengan bantuan telemedis atau konsultasi online. Tentunya diupayakan dengan dokter yang sudah mengetahui rekam medis kita," ujar Dokter Reisa di Media Center Gugus Tugas Nasional, Jakarta, Rabu, 8 Juli 2020. 

Dokter Reisa menyarankan khusus penyandang PTM yang berusia di atas 50 tahun harus tetap di rumah untuk meminimalisir penularan Covid-19. 

Berikut tips dari dokter Reisa khusus untuk para penyandang PTM selama pandemi Corona.

  1. Tetap di rumah, terutama bagi mereka yang berusia 50 tahun ke atas
  2. Mengonsumsi makanan bergizi, hindari gula, lemak berlebihan, dan konsultasikan ke dokter terkait suplemen atau multivitamin yang dapat dikonsumsi
  3. Menjaga jarak minimal 1 hingga 2 meter dan hindari kerumunan atau keramaian
  4. Mencuci tangan dengan air mengalir selama minimal 20 detik atau dalam keadaan mendesak gunakan hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol
  5. Menggunakan masker saat keluar rumah
  6. Menghindari menyentuh wajah, hidung, mata, dan mulut sebelum mencuci tangan
  7. Menjalankan aktivitas fisik selama 30 menit per hari atau disesuaikan dengan saran dokter untuk meningkatkan imunitas tubuh
  8. Istirahat yang cukup selama 6 hingga 8 jam sehari untuk menjaga kualitas tidur yang baik

Dokter Reisa mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan anjuran pemerintah mengenai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan. "Hanya percaya yang terbukti kebenarannya. Hindari mitos dan hoaks yang membuat Anda panik," ucap dia. 

Jika Anda mulai merasa stres dan cemas dengan kondisi saat ini, sebaiknya berkomunikasi dengan orang yang dipercaya. Dengan membaca buku, mendengar musik, beribadah rutin, dan sebagainya juga bisa menjadi salah satu cara untuk melawan perasaan cemas tersebut.   

Dokter Reisa mengimbau pada masyarakat yang merasa sehat juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan melakukan deteksi dini ke rumah sakit melalui screening minimal enam bulan hingga satu tahun sekali. Sebab, ada beberapa hal yang harus terus dipantau, seperti gula darah, tekanan darah, indeks berat badan, dan indikator kesehatan lainnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Penjelasan Dokter Reisa Soal Obat Dexamethasone
Dokter Reisa Broto Asmoro menegaskan obat Dexamethasone yang sedang ramai diperbincangkan bukan obat penangkal virus Corona .
Tips Dokter Reisa Aman Bekerja Saat Covid-19
Dokter Reisa Boroto Asmoro mengingakan pentingnya melakukan panduan kesehatan untuk tetap aman Covid-19 dan produktif.
Dokter Reisa Ungkap Kiat Terbaik Cegah Covid-19
Dokter Reisa Broto Asmoro yang bertugas memberikan pencerahan soal Covid-19 kepada publik kini berbagi kiat. Tampaknya klise tapi berdampak besar.
0
Kompetisi Amatir Liga 3 DIY Ditiadakan
Kompetisi sepak bola amatir di Yogyakarta untuk tahun 2020 tidak digulirkan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI DIY. Pandemi menjadi pertimbangan.