5 Manfaat Berhubungan Intim Bagi Kesehatan

Pasangan suami istri yang sering melakukan hubungan intim diyakini memiliki hubungan lebih harmonis.
Ilustrasi. (Foto:Tagar/Freepik)

Jakarta - Berhubungan intim bersama pasangan ternyata tidak hanya dapat mempererat keintiman pasangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Perlu diketahui, ternyata berhubungan intim memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Misalnya, membantu meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan stres, dan melepaskan endorfin kebahagiaan di dalam tubuh.

Pasangan suami istri yang sering melakukan hubungan intim diyakini memiliki hubungan lebih harmonis. Hal ini didasari karena saat orgasme, manusia melepaskan hormon okstitosin atau hormon cinta yang membantu pasangan suami istri meningkatkan rasa kepercayaan satu sama lain dan mempererat hubungan di antara keduanya. Rutin berhubungan intim dengan pasangan yang sah juga meningkatkan level komitmen, sehingga dapat menekan risiko perceraian.

Di rangkum dari laman IndianTimes, berikut adalah beberapa manfaat berhubungan intim dengan pasangan bagi kesehatan.


1. Membangun keintiman emosional

Seks bukan hanya tentang keintiman fisik. Berhubungan intim juga membantu memperkuat ikatan emosional antara kedua pasangan. Dalam menjalin suatu hubungan, penting bagi orang-orang yang terlibat secara emosional dan berhubungan seks adalah salah satu cara yang bagus untuk membangun keintiman emosional tersebut.

2. Mengurangi kemungkinan terkena depresi

Sama seperti bentuk olahraga lainnya, seks juga mendorong otak untuk melepaskan zat kimia yang membuat Anda merasa senang. Zat kimia ini juga membantu meningkatkan kadar serotonin, yang bertindak sebagai neurotransmitter dan merupakan salah satu bahan kimia antidepresan utama tubuh.

Berhubungan intim dengan pasangan dapat memberikan manfaat psikologis dan emosional yang penting. Seperti halnya olahraga, seks dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan serta meningkatkan kebahagiaan.

3. Meningkatkan sirkulasi darah

Berhubungan intim juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, hal ini lantaran saat berhubungan intim detak jantung seseorang akan meningkat lebih cepat, darah segar yang dihasilkan lalu disuplai ke organ-organ dan sel tubuh. Saat darah bekas dikeluarkan, tubuh juga akan mengeluarkan racun dan bahan lain yang menyebabkan Anda merasa lelah.

4. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang Anda dapatkan sesaat setelah berhubungan intim akan jauh lebih rileks. Setelah orgasme, tubuh manusia akan melepaskan hormon prolaktin yang bisa membuat Anda sangat nyaman dan gampang mengantuk. Tidur nyenyak akan membuat tubuh dapat beristirahat dengan maksimal, sehingga kegiatan di esok hari dapat dimulai dengan rasa senang.

5. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah studi baru-baru ini menyebutkan bahwa pria yang berhubungan intim lebih dari dua kali seminggu, memiliki risiko lebih rendah terkena serangan jantung, dibandingkan pria yang berhubungan seks sekali dalam sebulan.

Berhubungan intim secara teratur juga meningkatkan tingkat antibodi tubuh karena saat berhubungan intim tubuh akan mengeluarkan immunoglobulin yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih kuat melawan penyakit seperti pilek dan demam. []


(Fauzi Maulana Rizqi)

Berita terkait
Frekuensi Hubungan Intim Berdasarkan Usia Menurut Dr. Boyke
Kualitas hubungan intim menentukan kelanggenan kehidupan rumah tangga. Frekuensi hubungan intim disesuaikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan.
4 Larangan Usai Berhubungan Intim, Demi Sehat Jangan Dilanggar
Setelah berhubungan intim ada larangan yang sebaiknya tidak dilakukan pasangan agar kesehatan tetap terjaga.
Empat Posisi Bercinta Agar Wanita Cepat Orgasme
Posisi bercinta sangat berpengaruh pada saat orgasme, apalagi wanita memiliki tingkat yang lebih tinggi dibanding laki-laki.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.