UNTUK INDONESIA
Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Pakai Skincare
Tak jarang produk skincare yang tidak cocok menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut cara untuk mengatasi masalah kulit yang muncul tersebut.
Jerawat. (Foto: huffingtonpost)

Jakarta - Penggunaan produk skincare nyatanya bisa menyebabkan masalah kecantikan jika tidak cocok dengan jenis kulit. Meskipun kondisi ini wajar, terdapat beberapa cara untuk mengatasi agar kulit pulih kembali.

Skincare sudah menjadi barang wajib yang digunakan banyak orang, khususnya kaum hawa. Namun, jika masalah kecantikan timbul akibat penggunaan skincare sebaiknya berhenti memakainya. Dengan begitu kulit bisa terbebas dari masalah dan kesehatannya terjaga.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar ulas mengenai beberapa maslaah kulit akibat penggunaan skincare dan cara mengatasinya.

1. Kulit Jerawatan

Produk pembersih atau pelembab yang berbasis minyak bisa menjadi pemicu utama timbulnya jerawat di kulit. Selain itu, masalah kulit ini bisa terjadi akibat kulit wajah yang belum terkelupas dengan baik, produk kadaluwarsa, atau sudah terkontaminasi bakteri.

Namun, jika sudah terjadi, jangan pernah untuk mencoba memecahkan jerawat, lantaran bisa membuatnya lebih meradang dan meninggalkan bekas di wajah. Solusinya, cobalah gunakan gel benzoil proksida atau antibiotik topikal dan membersihkannya dengan asam salisilat.

2. Kulit Menjadi Gatal

Tidak cocok saat menggunakan produk skincare juga bisa menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal. Namun, kondisi ini terjadi hanya sebatas pada area atau yang terdekat diaplikasikannya produk kecantikan.

Untuk mengatasinya, cobalah bersihkan produk dengan air bersuhu ruangan atau pelembab yang lembut, dan jangan menggosoknya terlalu kencang atau menggunakan air panas. Namun, jika gatal-gatal masih terus berlanjut, obat anti-histamin juga bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rasa gatal yang mengganggu.

3. Kulit Memerah

Produk skincare yang mengandung pengawet, asam salisilat atau retinol, wewangian bisa menjadi penyebab umum kulit menjadi memerah. Jika sebelumnya memakai produk yang anti-aging atau exfoliating, masalah ini bisa lebih bereaksi.

Namun tak perlu khawatir, untuk mengatasinya, segera mungkin bersihkan dengan beberapa kali pembilasan menggunakan air. Bertujuan guna memastikan produk yang digunakan benar-benar hilang dari kulit.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi masalah kecantikan akibat tidak cocoknya produk skincare. Sehingga, kulit bisa terbebas dari masalah tersebut dan kesehatannya tetap terjaga.

Baca Juga:

Berita terkait
Tanda Rambut Harus Cepat Dipangkas Agar Tetap Sehat
Rambut sering kali memberikan ciri-ciri khusus jika harus segera dipotong agar kondisinya bisa tetap sehat. Berikut ciri-cirinya.
Beragam Manfaat Micellar Water Selain Hapus Makeup
Selain menghapus makeup, nyatanya micellar water memiliki manfaat lainnya. Berikut manfaat lain micellar water.
Tips Membuat Kuku Cantik dan Sehat Secara Alami
Bagi kebanyakan perempuan perawatan kuku sangat penting untuk menunjang penampilan mereka. Berikut tips membuat kuku cantik dan sehat secara alami.
0
Cara Mengatasi Masalah Kulit Akibat Pakai Skincare
Tak jarang produk skincare yang tidak cocok menyebabkan berbagai masalah kulit. Berikut cara untuk mengatasi masalah kulit yang muncul tersebut.