Cara Memutihkan Lutut dengan Baking Soda

Salah atu are kulit yang sulit dicerahkan adalah lutut, apalagi sering terkena terik matahari. Berikut cara memutihkan lutut degan baking soda.
Ilustrasi - Baking Soda. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Salah atu are kulit yang sulit dicerahkan adalah lutut, apalagi jika Anda banyak menghabiskan waktu di bawah terik matahari. Namun, ada cara memutihkan lutut yang konon ampuh yakni dengan baking soda.

Baking soda dinilai sebagai eksfoliator ampuh bagi lutut karena mengandung natrium bikarbonat yang bersifat abrasif bagi kulit. Artinya, senyawa ini mampu mengikis bagian tertentu pada kulit, termasuk lapisan kulit mati yang seharusnya mengelupas.

Selain itu, baking soda juga bisa mencerahkan kulit dengan cara menetralisasi pH kulit. Kulit terlindungi oleh lapisan pelindung yang disebut acid mantle. Lapisan ini membuat pH kulit menjadi agak asam, yakni 4,5 – 5,5.

Baking soda memiliki pH 9 yang akan menetralisasi pH acid mantle dan menghilangkan lapisan ini. Jika acid mantle menghilang, debu, kotoran, dan minyak berlebih yang menempel di dalamnya juga akan luruh.

Baking soda memang dapat mencerahkan kulit lutut yang gelap setelah liburan, tapi cara ini tidak dianjurkan. Meskipun bermanfaat, eksfoliasi secara berlebihan justru bisa menyebabkan kemerahan, sensasi terbakar, peradangan, hingga kerusakan pada kulit.

Perubahan pH kulit juga bisa mengakibatkan kulit kering, iritasi, serta hilangnya minyak alami yang diperlukan untuk menjaga kelembapan kulit

Alih-alih menggunakan baking soda, cobalah memilih eksfoliator yang aman untuk mencerahkan kulit lutut. Bila kulit Anda normal dan tidak mudah mengalami iritasi, Anda dapat menggunakan eksfoliator mekanik seperti scrub, spons, ataupun sikat.

Sebaliknya, pemilik kulit sensitif bisa memilih eksfoliator kimiawi seperti AHA dan BHA, asam salisilat, atau glycolic acid. Rutinlah eksfoliasi hingga hasilnya terlihat. Jika terdapat gejala iritasi, hentikan pemakaian produk dan konsultasikan dengan dokter kulit.

Berita terkait
Cara Menghilangkan Garis Senyum Agar Wajah Tampak Mulus
Garis senyum biasanya muncul begitu seseorang menginjak usia paruh baya. Untuk mencegahnya, Berikut caranya.
Cara Mengurangi Lemak Berlebih di Wajah
Penumpukan lemak di wajah disebabkan oleh kenaikan berat badan yang berlebihan.
Manfaat Tidur Menggunakan Masker Wajah
Perawatan wajah dengan masker wajah semalam juga cocok dirangkaikan dengan pelembab malam hari.
0
Cara Memutihkan Lutut dengan Baking Soda
Salah atu are kulit yang sulit dicerahkan adalah lutut, apalagi sering terkena terik matahari. Berikut cara memutihkan lutut degan baking soda.