UNTUK INDONESIA
Manfaat Baking Soda untuk Kulit Wajah
Baking soda memiliki beragam manfaat dalam merawat wajah agar tampak lebih cantik dan berikilau. Berikut ini penjelasannya.
Ilustrasi Baking Soda. (Foto: Pixabay/evita-ochel)

Jakarta - Baking soda bukan hanya dijadikan sebagai bahan pembuatan kue saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan wajah. 

Bubuk putih ini kerap dijadikan sebagai obat alternatif yang efektif membersihkan jerawat dibandingkan produk kecantikan komersial lainnya. Sehingga, nantinya kulit wajah akan kembali mulus dan tampak cantik.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar berikan ulasan mengenai khasiat baking soda untuk kecantikan.

1. Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Memiliki jerawat yang membekas tentu bisa menurunkan rasa percaya diri. Namun tak perlu khawatir, baking soda bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini.

Baking soda bisa membuat kulit bekas jerawat mengelupas dan menghasilkan lapisan yang baru. Sehingga, kulit Anda akan kembali mulus dan kesehatannya tetap terjaga. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup menjadikan baking soda sebagai pasta. Langkah pertama, campurkan baking soda dengan air, buatlah sekental mungkin agar mudah dioleskan ke kulit. Jika ingin hasilnya maksimal dan sesuai dengan yang diinginkan, gunakanlah bahan ini tiga kali sehari dalam jangka waktu 3-4 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Menghilangkan Minyak di Wajah

Baking soda juga bisa menghilangkan minyak berlebih yang menempel di wajah. Minyak berlebihan di wajah bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat dan komedo.

Jadi Anda disarankan untuk menggunakan baking soda ketika ingin membersihkan wajah agar bersih, kesat, berkilau, serta wajah terlihat lebih cerah tanpa minyak.

3. Mengangkat Sel Kulit Mati

Baking soda dipercaya bisa mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan wajah tampak kusam. Ini karena bahan pembuat kue tersebut bersifat exfoliant, sehingga kulit akan terasa lebih lembut setelah sel-sel kulit matinya terangkat dari permukaan.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, campurkan dua sendok makan baking soda ke dalam dua gelas air dan aduk hingga rata. Kemudian gunakan sebagai pembersih wajah. Dengan begitu, nantinya sel kulit mati akan terangkat seketika dan membuat wajah tampak mulus kembali.

4. Menghilangkan Bintik Hitam

Bintik hitam menjadi masalah kecantikan yang kerap muncul di wajah, terutama pada area hidung. Bagi yang sering mengalaminya, cobalah menggunakan baking soda untuk mengatasinya.

Caranya tak sulit, campurkan 1/4 cangkir susu dengan 1 sendok makan (sdm) baking soda, gunakan bahan ini sebagai scrub untuk mengatasi bintik hitam yang mengganggu. Hasilnya, wajah akan menjadi bersih kembali.

Perlu diketahui, menggunakan baking soda harus hati-hati karena bahan ini memiliki pH yang cukup tinggi dan terlalu basa yang bisa merusak keseimbangan pH kulit. Sebaiknya, perawatan menggunakan baking soda sesekali saja. []

Baca Juga:

Berita terkait
Mengenal Penyebab Kulit Kering dan Mengelupas
Kebanyakan orang tak sadar dengan penyebab kulit mereka menjadi kering dan mengelupas. Berikut beberapa penyebabnya yang harus diwaspadai.
Manfaat Mentega untuk Mempercantik Diri
Selain digunakan sebagai bahan makanan, mentega ternyata bermanfaat untuk mempercantik diri. Berikut sejumlah khasiat mentega yang menakjubkan.
Khasiat Menakjubkan Air Hangat untuk Kecantikan Wajah
Air hangat memiliki khasiat yang menakjubkan untuk kecantikan. Berikut sejumlah khasiat air hangat yang ampuh untuk mempercantik kulit wajah.
0
Jokowi Ingatkan Kepala Daerah Jaga Daya Beli Masyarakat
Jokowi meminta pemerintah daerah menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran agar daya beli masyarakat lekas pulih.