Cara Membuat Kue Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer, Ini Resepnya

Bolu pisang merupakan salah satu jenis bolu yang berbahan utama pisang, berikut resep bolu pisang kukus tanpa mixer yang wajib dicoba di rumah.
Ilustrasi - Bolu pisang kukus. (Foto: Tagar/Instagram/@dapursasha)

Jakarta - Bolu merupakan kue lembut berbahan dasar tepung, gula, dan telur yang umumnya dimasak dengan cara dipanggang atau dikukus selama beberapa menit hingga mendapatkan tekstur yang lembut. 

Makanan mengenyangkan ini umumnya disajikan sebagai hidangan penutup atau hidangan istimewa dalam resepsi pernikahan dan ulang tahun. Meskipun demikian, masih banyak masyarakat Indonesia yang menyajikannya di luar agenda-agenda tersebut.

Dari banyaknya jenis bolu yang bermunculan, ada satu jenis yang dapat dengan mudah kita temukan karena sering disajikan di beberapa acara formal dan non-formal, yaitu bolu pisang.

Bolu pisang merupakan salah satu jenis bolu yang berbahan utama pisang. Memiliki cita rasa yang manis dan legit, membuat sajian ini berhasil menggaet hati banyak orang di semua kalangan usia. Tidak hanya orang tua dan anak muda saja, anak-anak kecil pun umumnya juga menyukai kudapan bertekstur lembut yang nikmat ini.

Dikenal mudah dibuat dan memiliki bahan-bahan yang murah serta mudah ditemukan, berikut resep bolu pisang kukus tanpa mixer yang wajib dicoba.

Bahan-bahan yang diperlukan

  • 4 buah pisang ambon ukuran kecil atau 2 buah pisang ambon ukuran besar
  • 2 butir telur
  • 6 sdm tepung terigu
  • 6 sdm minyak goreng
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam

Cara membuat

  1. Kupas 4 buah pisang ambon ukuran kecil atau 2 buah pisang ambon ukuran besar, lalu haluskan dengan cara ditekan-tekan menggunakan garpu hingga berubah bentuk menjadi bubur. Sisihkan.
  2. Campur 2 butir telur, 4 sdm gula pasir, dan 1/4 sdt vanili, lalu kocok dengan garpu hingga gula terlarut dengan sempurna.
  3. Tuang 6 sdm tepung terigu, 1/2 sdt soda kue, dan 1/4 sdt garam, lalu aduk hingga merata.
  4. Masukkan bubur pisang yang telah dihaluskan sebelumnya dan aduk kembali hingga benar-benar tercampur dengan alat pengocok telur.
  5. Tuang 6 sdm minyak goreng dan campur kembali hingga tercampur merata.
  6. Siapkan loyang yang akan digunakan untuk mengukus dan olesi dengan sedikit minyak atau blue band agar tidak lengket, lalu tuang dan adonan kue.
  7. Siapkan panci pengukus dan masukkan adonan kue ke dalamnya. Masak selama 25 menit hingga matang dengan api sedang.
  8. Angkat loyang dari dalam panci dan diamkan beberapa menit dengan suhu ruangan.
  9. Setelah dingin, potong-potong bolu pisang kukus sesuai selera dan sajikan.[]



Baca Juga:

Berita terkait
Resep Kue Semprit Susu dengan Modal Irit
Bagi kamu yang sedang mencari resep kue semprit dengan model irit. Yuk ikuti resep kue semprit susu berikut, bahan-bahannya sederhana.
Sejarah Kue Nastar yang Populer Disajikan Saat Lebaran
Menjelang lebaran tiba, masyarakat Indonesia seringkali melakukan kunjungan ke orang tua hingga ke sanak saudara yang dekat maupun jauh.
Cocok untuk Lebaran, Kue Kering Cokelat Kacang ini cuma Butuh 4 Bahan!
Kue kering ini bercita rasa manis dan gurih, yang sekilas terasa seperti cokelat Silverqueen.
0
Cara Membuat Kue Bolu Pisang Kukus Tanpa Mixer, Ini Resepnya
Bolu pisang merupakan salah satu jenis bolu yang berbahan utama pisang, berikut resep bolu pisang kukus tanpa mixer yang wajib dicoba di rumah.