Cara Jitu Membersihkan Helm di Rumah

Helm merupakan salah satu alat pelindung diri yang wajib digunakan saat berkendara terutama yang memakai roda dua. berikut cara membersihkan helm.
Ilustrasi - Merawat helm. (Foto: Tagar/Pexels/Nur Andi Ravsanjani)

Jakarta - Helm dan motor sudah menjadi pasangan yang tak dapat dipisahkan, helm merupakan salah satu alat pelindung diri dan atribut yang wajib digunakan saat berkendara. Selain itu, atribut ini juga dapat melindungi kulit kepala kita dari sinar matahari langsung dan air hujan, serta dapat melindungi mata kita dari debu yang beterbangan.

Karena wajib digunakan sebelum berpergian, helm kerap menjadi kotor dan berbau jika tidak rajin dibersihkan. Hal ini tentu membuat penggunanya merasa risih dan tidak nyaman.

Mencuci helm hampir sama halnya seperti mencuci baju. Mudah dan tidak rumit asalkan Anda mau meluangkan waktu sebentar untuk merawat benda tersebut.

Anda juga dapat mencucinya sendiri di rumah, tanpa perlu membawanya di tempat laundry khusus. Selain dapat menghemat pengeluaran, Anda tidak perlu repot pergi mencari tempat jasa pencucian. Berikut ini adalah beberapa cara jitu membersihkan helm yang bisa Anda ikuti di rumah.


1. Siapkan peralatan

Sebelum mencuci, siapkan terlebih dahulu peralatan wajib yang dibutuhkan, seperti ember, selang, sabun atau sampo bayi, dan sikat.


2. Copot satu persatu bagian dalam helm

Jika padding helm Anda dapat di bongkar pasang, pisahkan terlebih dahulu bagian lunak tersebut dari batok helm. Rendam padding dengan air yang telah diisi atau diolesi sabun atau sampo bayi secara merata. 

Tunggu selama 15-30 menit atau hingga air telah berubah warna menjadi keruh, lalu angkat dan buang air rendaman tersebut. Bilas kembali padding dengan air mengalir dan tekan lembut bagian tersebut agar air keluar.

Jika padding helm Anda tidak dapat di bongkar pasang, cukup bersihkan bagian dalam helm dengan sabun dan sikat hingga bersih.


3. Bersihkan visor helm

Saat membersihkan helm, jangan lupa untuk melepas terlebih dahulu visor yang ada. Visor ini dapat dibersihkan dengan sabun, lap dan air hangat. 

Caranya sangat mudah, cukup usap ringan bagian visor dengan sabun, lalu lap kaca depan hingga bersih. Namun perlu diingat, Anda harus mengelapnya dengan lap berbahan halus atau microfiber secara hati-hati. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko tergores.


4. Bersihkan shell helm

Selain visor dan padding, bersihkan juga shell atau batok helm. Anda bisa membersihkan bagian ini dengan cara mengusap-usap bagian luar tersebut dengan sabun dan bilas dengan air mengalir.


5. Bersihkan ventilasi helm

Bagi Anda yang memiliki helm full face, ventilasi merupakan salah satu bagian yang keberadaannya sangat penting. Ventilasi ini diperlukan sebagai area mengalirkan sirkulasi udara ke bagian dalam helm agar pengendara tidak mudah kegerahan saat berkendara di cuaca panas.

Cara membersihkan bagian ini pun sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan cotton buds dan korek bagian-bagian kotor di ventilasi tersebut.


6. Jemur bagian-bagian helm

Setelah semua alat telah dibersihkan, jemurlah bagian-bagian helm tersebut. Perlu diingat untuk jangan menjemur bagian padding helm dibawah sinar matahari langsung karena dikhawatirkan dapat membuat busanya cepat kempes. Untuk itu, jemurlah padding di bagian dalam ruangan dengan diangini atau taruh di dekat kipas angin

(Eka Cahyani)



Berita terkait
Tak Pakai Helm, Dua Pemuda Aceh Utara Terciduk Bawa Ganja
Razia kendaraan, polisi mendapati seorang pria membawa barang haram narkotika jenis ganja.
Atasi Bau Helm dengan Spray Kulit Nangka Karya Mahasiswa UNY
Mahasiswa UNY menciptakan spray berbahan kulit nangka untuk mengatasi bau helm.
Mobil Pikap Tabrak Dua Remaja Boncengan Tanpa Helm di Bantul
Kecelakaan terjadi antara motor dan mobil pikap di Palbapang, Bantul, Yogyakarta. Insiden kecelakaan ini sudah ditangani Polres Bantul.
0
Cara Jitu Membersihkan Helm di Rumah
Helm merupakan salah satu alat pelindung diri yang wajib digunakan saat berkendara terutama yang memakai roda dua. berikut cara membersihkan helm.