Cara Daop 6 Yogyakarta Menekan Kecelakaan di Perlintasan KA

Masih sering terjadi kecelakaan di perlintasan KA. Begini cara Daop 6 Yogyakarta menekannya.
Sejumlah pengendara sepeda motor dengan tertib berhenti di pintu perlintasan sebidang saat kereta pengangkut BBM melintasi di perlintasan Timoho, Kota Yogyakarta, Rabu, 14 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Gading Persada)

Yogyakarta - Perseroan Terbatas (PT) Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta terus mengajak masyarakat untuk disiplin terutama saat melewati perlintasan kereta api. Hal ini menjadi isu yang digaungkan saat digelarnya sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang kereta api.

“KAI terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kedisiplinan berlalu lintas di perlintasan sebidang melalui berbagai bentuk edukasi dan sosialisasi,” jelas Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di sela-sela kegiatan sosialisasi, Rabu, 14 Oktober 2020.

Baca Juga:

Menurut Eko, dengan adanya sosialisasi keselamatan yang diselenggarakan di JPL 351 Lempuyangan diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati aturan lalu lintas di perlintasan sebidang, sehingga harapannya angka kecelakaan di perlintasan sebidang dapat ditekan.

“Sebenarnya di wilayah Daop 6 untuk angka kecelakaan di jalur kereta api sangat kecil, termasuk di pintu perlintasan sebidang. Hanya ada beberapa kali terjadi aksi bunuh diri atau tertabrak kereta api di tepi rel, tapi jumlahnya juga tak banyak,” ungkap Eko.

Selain di JPL 351 Lempuyangan, kegiatan sosialisasi di perlintasan sebidang kereta api ini juga diselenggarakan serentak di 33 titik perlintasan sebidang kereta api di Jawa dan Sumatera yang diselenggarakan masing - masing Daop maupun Divre.

Hanya ada beberapa kali terjadi aksi bunuh diri atau tertabrak kereta api di tepi rel, tapi jumlahnya juga tak banyak.

Dalam kegiatan ini, kata Eko, Daop 6 menggandeng Polri, Dinas Perhubungan, Pemerintah Daerah, serta Komunitas Pencinta Kereta Api untuk mengadakan sosialisasi bersama. “Kolaborasi antara stakeholder sangat diperlukan karena keselamatan di perlintasan sebidang merupakan tanggung jawab bersama,” tegas dia.

Kegiatan sosialisasi sendiri dilakukan dengan membentangkan spanduk dan membagikan pamflet yang berisi peraturan dan tata cara berkendara saat melewati perlintasan sebidang, beserta peraturan-peraturan yang mengatur. Imbauan juga disampaikan melalui pengeras suara agar pengguna jalan selalu berhati - hati.

Baca Juga:

Menurut dia, perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api. "Hal tersebut juga menjadikan perlintasan sebidang sebagai salah satu titik rawan kecelakaan,” lanjut Eko.

Ditambahkan Eko, untuk menghindari terjadinya kecelakaan, pengguna jalan diwajibkan menaati aturan dengan berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan/atau ada isyarat lain. Pengguna jalan juga wajib mendahulukan kereta api dan memberikan hak utama kepada kendaraan yang lebih dahulu melintas rel.

“Aturan tersebut telah tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 114,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Eko yang mengutip pernyataan VP Public Relations KAI Joni Martinus mengutarakan bahwa sosialisasi keselamatan di perlintasan sebidang akan terus dilakukan. Dia juga berpesan kepada masyarakat pengguna jalan agar dapat berdisiplin dan mengutamakan keselamatan.

“Dengan tertibnya masyarakat pengguna jalan dan peran optimal seluruh stakeholder, diharapkan keselamatan di perlintasan sebidang dapat terwujud sehingga perjalanan kereta api tidak terganggu dan pengguna jalan juga selamat sampai di tujuan,” ungkap Eko. []

Berita terkait
Daop 6 Yogyakarta Tutup Perlintasan Liar Kereta Api
Daop 6 Yogyakarta menutup perlintasan KA liar di Sukoharjo, Jawa Tengah. Salah satu tujuannya meminimalisir kecelakaan yang melibatkan KA.
Lolos KA Prameks, Pria Tersambar Argolawu di Sleman
Seorang pria lanjut usia meninggal mengenaskan setelah tertabrak KA Argolawu jurusan Solo-Jakarta di Prambanan, Sleman.
Meninggal Mengenaskan Tertabrak KA di Yogyakarta
Seorang pria meninggal setelah tertabrak KA Joglokerto di perlintasan yang berada di Kota Yogyakarta, Sabtu, 22 Agustus 2020.
0
MAKI Daftarkan Uji Materi soal TWK Pegawai KPK ke MK
Masyarakat Anti Korupsi Indonesia mengajukan uji materi soal tes wawasan kebangsaan pegawai KPK ke Mahkamah Agung yang saat ini menjadi polemik.