UNTUK INDONESIA
Cara Cek IMEI, Ponsel Black Market atau Resmi
Kemenkominfo memastikan regulasi tentang validasi nomor IMEI di perangkat seluler mulai berlaku 18 April 2020.
Tangkapan layar situs imei.kemenperin.go.id untuk mengecek legalitas ponsel (Foto: Kemenperin)

Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan bahwa regulasi tentang validasi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) di perangkat seluler mulai berlaku 18 April 2020.

"Kami telah sepakat aturan validasi IMEI berjalan sesuai rencana semula, yakni tanggal 18 April 2020," kata Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standard Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo Nur Akbar Said, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu, 15 April 2020.

Aturan ini dibuat berdasarkan rapat bersama antara Kemenkominfo dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Keuangan, dan asosiasi yang berada di industri ponsel.

Salah satu pertimbangan yang mendasari peraturan ini dibuat adalah karena Indonesia tidak bisa membiarkan perangkat ilegal terus beredar di pasar Tanah Air. Sehingga, pada 18 April 2020i, seluruh registrasi IMEI akan dilakukan ke sistem yang sudah disiapkan pada operator seluler.

Ponsel resmi atau BM dapat diketahui dengan cara mengecek nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI)-nya. Nomor IMEI merupakan identitas unik yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communications Association (GSMA) untuk setiap slot kartu yang dikeluarkan produsen ponsel. IMEI biasanya terdiri dari 15 digit angka.

Lantas, bagaimana cara mengecek ponsel tersebut resmi atau BM? Berikut Tagar berikan cara mengeceknya

1. Setting Ponsel

Cara pertama untuk mengecek IMEI bisa dilakukan dengan membuka menu Setting/ Pengaturan di ponsel. Kemudian, pilih 'About Phone' untuk mengetahui nomor IMEI. Di beberapa tipe ponsel, nomor IMEI biasanya terdapat di menu 'Status'.

2. *#06#

Untuk menggunakan cara ini, buka terlebih dahulu menu 'Dial'. Selanjutnya, ketikan *#06# tanpa perlu menekan tombol 'Ok/ Call'. Nomor IMEI akan otomatis keluar di layar ponsel.

Langkah terakhir, kode unik ponsel ini dapat juga dilihat di kardus kemasannya. IMEI dan beberapa informasi lainnya biasanya tertera lengkap di sana.

3. Cek Kardus Ponsel

Langkah terakhir, kode unik ponsel ini dapat juga dilihat di kardus kemasannya. IMEI dan beberapa informasi lainnya biasanya tertera lengkap di sana.[]

Berita terkait
Catat, Regulasi IMEI Mulai Berlaku 18 April 2020
Kemenkominfo memastikan bahwa regulasi tentang validasi nomor IMEI berlaku mulai 18 April 2020.
Mulai Hari Ini Uji Coba Blokir IMEI Ponsel Ilegal
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melakukan uji coba penerapan aturan pemblokiran IMEI ponsel ilegal atau black market (BM).
Kiriman Ponsel Naik 7 Persen Seiring Penerapan IMEI
Analis pasar dari IDC Indonesia, Risky Febrian, memprediksi pengiriman ponsel meningkat tujuh persen pada 2020 seiring penerapan regulasi IMEI.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.