Cara BPJamsostek Bukittinggi Sambut Bulan K3 Nasional 2021

BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Bukittinggi menggelar webinar dalam rangka menyambut peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021.
Menyambut peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021, BPJamsostek Bukittinggi menggelar webinar bersama pakar epidemiologi tentang pencegahan penularan Covid-19.(Foto: Tagar/Istimewa)

Bukittinggi — Dalam rangka menyambut peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2021 sekaligus untuk mengedukasi publik terkait pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja (K3), BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek Bukittinggi menggelar webinar bersama para pakar terkait. 

Sedikitnya ratusan peserta terlibat dalam webinar yang digelar secara virtual, Kamis, 18 Februari 2021. Kepala BPJamsostek Bukittinggi, Ocky Olivia menyebut kegiatan webinar ini membahas seputar langkah nyata dalam penanganan Covid-19, mengenali gejala penularannya serta menjadikannya musuh bersama.

“Dalam hal ketenagakerjaan, Covid-19 juga bisa disebut sebagai Penyakit Akibat Kerja,” ujarnya.

Webinar yang dibuka langsung oleh Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Sumbarriau, Pepen S Almas itu mengambil tema "Saya pilih sehat dan selamat, budayakan K3 dan protokol kesehatan 3M di lingkungan kerja".

Ratusan peserta yang bergabung dalam webinar ini terdiri dari para peserta BPJamsostek di wilayah kerja BPJamsostek Cabang Bukittinggi yang meliputi Kota Bukitinggi, Kota Payakumbuh, Kota Padang Panjang, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

“Juga hadir para tenaga kesehatan dari rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan BPJamsostek Bukittinggi sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja atau PLKK,” imbuh Ocky.

Ocky berharap paparan narasumber dalam webinar itu dapat membuat masyarakat pekerja di wilayah Sumatera Barat, khususnya di Kota Bukittinggi dan sekitarnya, menjadi sadar dan patuh terhadap pentingnya menerapkan 3M dan norma K3 di masa pandemi Covid-19.

“Semoga webinar ini menjadi corong untuk menambah pengetahuan terupdate terkait penanganan Covid-19 langsung dari para pemateri,” tuturnya.

Webinar ini, kata Ocky, diharapkan dapat menambah pengetahuan bagi masyarakat pekerja untuk membudayakan 3M dan K3 demi melindungi pekerja dan mengoptimalkan produktivitas kerja pada semua sektor usaha selama pandemi Covid-19.

Yang tidak kalah penting, sambung Ocky, seluruh peserta faham prinsip dari sistem jaminan sosial nasional, dapat membedakan pihak penjamin dari setiap resiko sosial yang dialami, dan memahami hak dan kewajiban sebagai pekerja dalam mekanisme jaminan sosial.

“Adanya perlindungan khusus Penyakit Akibat Kerja Covid-19 bagi tenaga kesehatan dan Non kesehatan yang bertugas dalam penanganan pasien Covid-19 di Pusat Pelayanan Kesehatan,” ujarnya.

“Seluruh peserta yang hadir dalam webinar ini akan mendapatkan sertifikat elektronik,” tutup Ocky.

Pemateri yang dihadirkan antara lain Andani Eka Putra selaku Staf Ahli Kemenkes RI yang juga Kepala Laboratorium Biomedik, Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi FK Unand. Kemudian turut menghadirkan Suyastri selaku dokter spesialis Paru RSAM Bukittinggi, dan Nofmi Erita selaku Manajer Kasus KK-PAK BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi.[]

Berita terkait
Relaksasi Iuran, BPJamsostek Catat Penerimaan Rp 73 Triliiun
Tahun 2020 menjadi berat karena pandemi Covid-19, namun BPJamsostek tetap mencatatkan hasil positif. Penerimaan iuran tercatat Rp 73,31 triliun.
BPJamsostek Bukittinggi Siap Tingkatkan Pelayanan Tahun 2021
Berkaca dari capaian prestisius yang ditorehkan di tahun 2020 secara nasional, BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi siap meningkatkan pelayanan.
Relaksasi Berakhir, Iuran dan Denda BPJamsostek Normal Lagi
Masa relaksasi iuran BPJS Ketenagakerjaan atau yang biasa disapa BPJamsostek akan segera berakhir. Mulai periode Februari 2021, tarif normal lagi.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.