UNTUK INDONESIA
Cara Ampuh dan Cepat Menyembuhkan Cegukan
Cegukan selalu muncul secara mendadak dan kebanyakan orang pasti pernah mengalaminya. Ini cara ampuh dan cepat menyembuhkan cegukan.
Ilustrasi Cegukan. (Foto: spesialisobatherbal)

Jakarta - Cegukan memang selalu muncul secara mendadak dan kebanyakan orang pernah mengalami persoalan tersebut mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Tak sedikit orang selalu merasa kesal dengan munculnya cegukan yang tak kunjung berhenti.

Dilansir dari WebMd, cegukan terjadi ketika ada kontraksi pada diafragma. Kontraksi ini bisa terjadi karena asupan napas yang tiba-tiba berhenti di penutupan pita suara (glottis) sehingga menghasilkan bunyi 'hik'. Diafragma ini merupakan membran otot pemisah rongga dada dan perut yang sangat berperan penting pada sistem pernapasan. 

Berikut beberapa penyebab cegukan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

  • Makan terlalu banyak dan terlalu cepat
  • Terlalu banyak udara masuk lewat mulut
  • Stres emosional atau justru terlalu senang
  • Merokok
  • Makan terlalu banyak dan terlalu cepat
  • Perubahan suhu perut secara tiba-tiba, seperti minum air panas dan minum minuman dingin

Jangan khawatir cegukan ini bisa disembuhkan dengan cara alami dan cepat. Berikut Tagar berikan ulasan mengenai sejumlah cara menyembuhkan cegukan. 

1. Minum Air Hangat

Minum air hangat bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghentikan cegukan. Air hangat berfungsi melancarkan peredaran darah dan oksigen. 

Menyembuhkan cegukan dengan cara ini sangat mudah, Anda cukup minum air hangat dan menahan napas dengan posisi membungkuk dalam waktu yang sesuai dengan kemampuan Anda. Selanjutnya, tubuh Anda bisa tegap kembali dengan kondisi masih menahan napas. Lalu minumlah air hangat tersebut dan bernapas seperti biasa. 

2. Menahan Napas

Cara seperti ini pasti sudah sering dilakukan banyak orang untuk mengatasi cegukan. Sebab ketika Anda menahan napas, kadar karbon dioksida (CO2) dalam tubuh akan bertambah. Bila cegukan sebaiknya segeralah melakukan tindakan dengan cara menahan napas selama waktu yang Anda sanggup. 

3. Gula dan Es Batu

Mengemut gula sebanyak satu sendok teh ternyata mampu menyembuhkan cegukan. Ini karena gula bisa merangsang otot diafragma. Tidak perlu sulit untuk melakukan proses penyembuhan cegukan ini, Anda cukup mengemut gula selama 5 menit, lalu ditelan atau bisa juga dikeluarkan. 

Cara lain yang kedua bisa menggunakan es batu. Cukup hanya dengan mengusapkan es batu ke tenggorokan secara perlahan. Solusi ini bisa membantu saraf Anda menjadi rileks sehingga cegukan bisa hilang seketika. 

4. Jeruk Nipis

Kandungan nutrisi yang ada pada jeruk nipis ternyata juga dapat mengusir cegukan. Anda bisa meminum langsung perasan jeruk nipis. Tetapi ingat, perasnya langsung ke dalam mulut. Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk nipis ini akan menghilangkan gangguan pada saraf vagus. 

5. Menjulurkan Lidah

Cara ini  juga dipercaya sangat berkhasiat mengatasi cegukan. Sebab, dengan menjulurkan lidah bisa merangsang saraf vagus dan nasofaring. Saraf inilah yang akan mengendalikan otot-otot tenggorokan, mulut, serta mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma. 

6. Mengatur Pernapasan

Mengobati cegukan yang terus-menerus bisa Anda atasi dengan cara mengatur pernapasan dengan benar dan teratur. Caranya, tariklah napas dalam-dalam dan tahan sekuat yang Anda bisa. Kemudian, embuskan secara perlahan-lahan. []

Baca juga:

Berita terkait
Memar Ringan Hingga Ekstrim, Ini Cara Menyembuhkannya
Memar ringan hingga ekstrim, ini cara menyembuhkannya. Arti tanda-tanda memar dan cara cepat mengatasinya.
Cara Alami Mengobati Radang Amandel
Operasi menjadi cara yang paling banyak ditempuh untuk mengatasi radang amandel. Nah, Tagar akan bagikan cara mengobatinya secara alami.
Cara Alami Mengobati Gejala Radang Tenggorokan Anak
Radang tenggorokan merupakan kondisi saat bagian belakang tenggorokan (faring) mengalami peradangan. Kondisi ini sering menyerang anak.
0
Cara Ampuh dan Cepat Menyembuhkan Cegukan
Cegukan selalu muncul secara mendadak dan kebanyakan orang pasti pernah mengalaminya. Ini cara ampuh dan cepat menyembuhkan cegukan.