UNTUK INDONESIA
Tips Mengobati Tumit Pecah-pecah Secara Alami
Tumit pecah-pecah bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Berikut cara mengatasinya.
Kulit Lemon. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jakarta - Tumit pecah-pecah bisa mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Apalagi, jika persoalan ini terjadi pada perempuan, pastinya mereka akan melakukan berbagai cara untuk mengatasi masalah tersebut. 

Jangan khawatir, Tagar akan memberikan tips mengobati tumit pecah-pecah dengan bahan alami. 

1. Lemon

LemonKulit Lemon. (Foto: Pixabay/stevepb)

Lemon yang memiliki kandungan vitamin C, ternyata mampu mengobati tumit pecah-pecah. Caranya sangat mudah, cukup merendam kaki kedalam air hangat yang telah dicampurkan perasan sebanyak 1 cup. Kemudian, diamkan selama sekitar 10 hingga 20 menit.

Treatment ini sebaiknya dilakukan setiap hari, baik menjelang tidur atau setelah beraktivitas. Dengan menjalankan langkah tersebut, pastinya Anda bisa mengatasi masalah tersebut. 

2. Madu

Madu

Madu bermanfaat untuk menurunkan berat badan. (Foto: blog.frontiersin.org/Shutterstock)

Madu memang salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kerusakan kulit, tak terkecuali tumit pecah-pecah. Bahkan, produk yang memiliki rasa manis ini sering kali dimanfaatkan oleh wanita dalam mempercantik diri karena tidak memiliki efek samping. 

Caranya hanya dengan mengoleskan madu ke tumit yang pecah-pecah. Lalu, pijat dengan lembut dan tunggu 10 hingga 15 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat serta jangan lupa mengeringkannya. 

3. Pisang

Pisang

Kulit Buah Pisang. (Foto: Pixabay/stevepb)

Pisang berkhasiat melembapkan kulit kaki, sehingga dapat mencegah dan mengobati tumit pecah-pecah. Cara mengatasi persoalan tersebut tidak sulit, cukup dengan menyediakan satu buah pisang dan mencampurkan satu sendok madu saja. 

Kemudian, aduk rata sampai membentuk seperti pasta dan oleskan ke tumit sembari menggosokannya secara perlahan. Perawatan ini bisa dilakukan selama dua kali seminggu dan jangan khawatir cara tersebut sangat efektif mengatasi persoalan tumit pecah-pecah.  

4. Minyak Kelapa

Minyak KelapaMinyak kelapa bahan alami pembersih wajah. (Foto: ubudbotany.co)

Minyak Kelapa ampuh melembutkan kulit dan membunuh kuman atau bakteri. Bahkan, karena kandungan vitamin E dan sifatnya yang antimikroba, serta antijamur, ternyata juga mampu memperbaiki berbagai masalah kulit, termasuk mengatasi tumit pecah-pecah. 

Cukup oleskan minyak kelapa ke bagian tumit yang bermasalah dan pijat lembut secara perlahan. Jangan khawatir cara ini sangat aman dilakukan bagi siapa saja yang mengalami persoalan tersebut.

5. Minyak Alpukat dan Vitamin E

Biji AlpukatAlpukat. (Foto: Pixabay/silverstylus)

Alpukat kaya akan minyak atsiri, vitamin, dan lemak yang mampu mengatasi persoalan kulit kering. Dengan kandungan tersebut, tentu dapat mengobati dan merawat tumit pecah-pecah. 

Caranya sangat mudah, yaitu cukup menyediakan dua sendok makan (sdm) alpukat yang sudah dihancurkan dan satu sdm minyak vitamin E. Kemudian, campurkan dan haluskan kedua bahan itu. 

Selanjutnya, oleskan ke tumit yang pecah-pecah tersebut dan diamkan sekitar 20 menit. Lalu, bersihkan dengan air hangat. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya secara rutin. []

Baca juga:

Berita terkait
Tips Merawat Kesehatan Payudara untuk Cegah Kanker
Merawat kesehatan payudara sangat penting untuk terhindar dari penyakit kanker. Berikut ulasannya.
Tips Cepat Cegah Jamuran saat Kaki Terendam Banjir
Musim banjir rentan memicu kuman dan bakteri sebagai penyebab penyakit kulit, seperti infeksi jamur pada kulit kaki.
8 Tips Ampuh Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara
Mengantuk selalu jadi musuh utama saat berkendara jauh, untuk itu harus tetap berhati-hati saat mengemudikan kendaraan bermotor.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.