UNTUK INDONESIA
Cara Aman Makan Daging Kurban Agar Cegah Kolesterol
Ketika mengonsumsi daging saat Idul Adha terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar kolesterol tidak naik dan kesehatan tubuh terjaga.
Ilustrasi Sate Kambing. (Foto: Instagram/sumiorasen)

Jakarta - Saat Idul Adha tentu tak sedikit orang yang menyantap berbagai hidangan dari daging kurban seperti sapi dan kambing. Tapi, awas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi daging semacam ini agar terhindar dari penyakit yang mengganggu tubuh nantinya.

Meski pun daging sehat untuk tubuh, saat dikonsumsi secara berlebihan nyatanya bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti berat badan bertambah dan kolesterol yang meningkat. Sehingga, disarankan tetap waspada saat mencicipi berbagai aneka masakan berbahan dasar daging agar kesehatan tubuh tetap terjaga nantinya.

Berikut Tagar ulas mengenai cara aman mengonsumsi daging saat Idul Adha agar terhindar dari penyakit.

1. Pilih Daging yang Lemaknya Sedikit

Ketika mengonsumsi daging sebaiknya memilih bagian yang mengandung lemak sedikit, bahkan dibuang menjadi solusi terbaik. Selain itu, hindari juga menyantap jeroan atau isian dari hewan yang disembelih saat Idul Adha, sebab bagian tersebut mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi.

2. Konsumsi Secukupnya

Ketika menyantap daging sebaiknya tetap memperhatikan jumlah atau porsinya. Sebab, jika mengonsumsi makanan mengandung kalori dan lemak yang tinggi secara berlebih bisa menyebabkan masalah pada pencernaan, seperti refluks dan dispepsia.

3. Konsumsi Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat memiliki manfaat yang baik untuk kadar kolesterol. Untuk mendapatkannya, cobalah konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, sebab keduanya merupakan sumber serat.

Sebab, mengonsumsi serat khususnya serat larut air, seperti pektin, beta glucan, psyllium, dan lainnya bisa meningkatkan koleterol pada pencernaan dan membuatnya keluar bersama dengan feses. Selain itu, makanan mengandung serat juga bisa membantu menjaga berat badan.

4. Tetap Minum Air Putih

Selain membuat kenyang lebih lama, nyatanya air bisa mendorong kolesterol menuju lever lebih mudah. Kondisi tersebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol.

Cobalah penuhi kebutuhan cairan tubuh harian Anda. Terlebih sehabis mengonsumsi berbagai makanan berbahan dasar daging kurban saat Idul Adha.

5. Jangan Lupa Olahraga

Setelah mengonsumsi makanan yang berlemak tinggi, olahraga menjadi solusi untuk menurunkan kolesterol. Tidak perlu yang berat-berat, cobalah olahraga seperti lari pagi selama satu jam atau olahraga ringan, seperti sit-up, push up dengan durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam setiap hari.

Pembaca, itulah beberapa cara menurunkan kadar kolesterol akibat mengonsumsi daging saat Idul Adha. Sehingga kesehatan tubuh bisa tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit. Selamat Idul Adha, selamat menikmati olahan daging yang lezat.

Baca Juga:

Amankah Ibu Hamil Konsumsi Mi Instan?

Jokowi Bersepeda Pagi Hari, Ini Sejumlah Manfaatnya

Berita terkait
Gejala dan Bahaya TBC pada Anak yang Harus Diketahui
Tuberkulosis (TBC) menjadi salah satu penyakit berbahaya yang menghantui banyak orang salah satunya anak-anak. Berikut gejala penyakit tersebut.
Alasan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Anak
Selain fisik, nyatanya kesehatan mental menjadi salah satu hal penting dan tak boleh diabaikan dan harus dijaga khususnya pada anak-anak.
El Ibnu Alami Stroke, Kenali Gejala dan Penyebabnya
Vokalis band Elkasih, El Ibnu ternyata tengah mengalami stroke. Berikut gejala, penyebab, serta cara mencegah penyakit tersebut.
0
Dapat Stimulus Pemerintah, Garuda Akan Turunkan Harga Tiket
Garuda Indonesia akan menyesuaikan harga tiket pesawat seiring kebijakan stimulus subsidi penerbangan tarif Jasa Penumpang Pesawat Udara.